Berita Unik Sensasional

Share on :

Berita Unik Sensasional


Inilah CT Scan Kuak Rahasia Mumi Berusia 3.000 Tahun

Posted: 01 Aug 2012 07:08 PM PDT

VIVAnews -- Mumi berusia 3.000 tahun terbaring di peti mati yang ditutup rapat-rapat. Hanya ada satu cara untuk mengetahui kondisi jenazah yang diawetkan itu, dengan membuka petinya.

Namun, ahli tentang Mesir, Dr Abeer Helmi menemukan cara lain tanpa membuka peti mati, yakni dengan memindainya dengan sinar X. Dengan cara itu, tak hanya sejarah medis sang mumi, rahasia peradaban mereka pun bisa dikuak. 

Dr Helmi dari Manchester University meneliti tujuh mumi berharga dari British Museum di London. Salah satu mumi diyakini sebahai pendeta dari selatan Mesir, yang dimakamkan dengan 11 jimat dari emas murni. Simbol ia berasal dari keluarga kaya raya dan berkedudukan tinggi.

Mumi lainnya diduga sebagai gadis berusia 12 tahun, juga sejumlah pria dewasa dengan usia hingga 50 tahun. Keluarga mereka yang berduka memasukkan berbagai hadiah dan barang berharga, yang diyakini, menjadi bekal mereka dalam perjalanan ke dunia lain.

Mumi-mumi itu dengan sangat hati-hati dibawa menempuh perjalanan 200 mil ke Manchester Royal Infirmary untuk dipindai dengan CT Scan, yang biasanya digunakan untuk pasien.

Cara ini ternyata efektif memberi informasi pada para ahli mengetahui kesehatan, perilaku, dan sejarah sosial ekonomi dari era sekitar 900 tahun Sebelum Masehi.

"Aku ingin mengetes mumi-mumi dari periode tertentu saat penduduk Mesir kuno sedang mencoba beberapa teknik mumifikasi baru, yang sangat berbeda dari sebelumnya," kata doktor berjilbab itu seperti dimuat Daily  Mail.

Dia mengatakan bangsa Mesir kuno telah membuat jasad menjadi mumi selama ribuan tahun dan menyempurnakan sepanjang waktu.

Mereka selalu ingin menjadi yang terbaik, karena mereka melihat kematian sedekat mereka menyaksikan kehidupan. Orang Mesir menyingkirkan organ-organ internal tubuh termasuk otak, membungkus tulang dan daging dengan perban dan ramuan agar tak busuk, serta menempatkan batu di lubang mata para mendiang untuk membuat mereka terlihat hidup.

"Dengan apa apa mereka dikubur. Bahkan material perban dan peti yang digunakan bisa memberitahu tentang latar belakang mereka dan kemajuan teknologi saat itu."

Sinar-x sudah lama digunakan untuk memindai mumi mesir selama 30 tahun terakhir, namun pemakaian CT scan, yang hasilnya dalam bentuk 3 dimensi, ternyata dapat menunjukkan detail yang luar biasa.

Dr Helmi mengatakan CT scan adalah satu-satunya cara untuk mengetahui detail yang rumit, karena peti mumi sering kali tidak mengungkapkan apakah jasad tersebut dewasa atau anak-anak, pria atau wanita.

Hasil yang didapat dari pemindaian CT scan para mumi juga menarik perhatian ahli medis, yang bertanya-tanya apakah mereka menanggung penyakit seperti yang diderita manusia modern.

Dua dari tujuh mumi diketahui menderita anemia. Sementara, mumi-mumi yang lebih muda menderita masalah gigi serius karena roti yang biasa mereka makan penuh dengan pasir, yang mengikis enamel gigi mereka.

Judth Adams, ahli radiologi yang membantu pemindaian mumi mengatakan, memindai mumi sangat tak jamak, jauh berbeda dengan pemindaian pasien normal. "Kami melihat tubuh itu dari sudut poandang medis dan memberikan opini terkait bagaimana mereka hidup di masa lalu dan kesehatan mereka secara umum," kata dia.

Sementara, John Taylor, kurator Mesir dan Sudan kuno di British Museum mengaku senang berkolaborasi dalam proyek ini. "Kami bisa melihat artefak yang ada dalam perban secara lebih jelas, serta membantu kami menentukan usia mumi lebih akurat."

iRonis ! Pegawai di Prancis Dipecat Karena Puasa

Posted: 01 Aug 2012 06:30 PM PDT

VIVAnews - Seorang walikota di Prancis memecat empat instruktur di sebuah kamp musim panas anak-anak karena berpuasa selama Ramadan. Menurut walikota tersebut, pegawai yang tidak makan bisa membahayakan keselamatan anak-anak.

Diberitakan BBC, Selasa 31 Juli 2012, keempat instruktur itu dipecat pada 20 Juli lalu, saat awal puasa di Prancis, oleh walikota Gennevilliers, sebelah barat Prancis. Keempatnya kedapatan berpuasa dan tidak makan siang ketika bekerja.

Walikota bernama Jacques Bourgoin berdalih bahwa mereka telah menyalahi kontrak. Dalam kontrak, terdapat klausa yang mewajibkan makan siang bagi seluruh pegawai.
Klausa ini dicantumkan setelah beberapa tahun lalu seorang anak terluka parah karena instruktur wanita di tempat tersebut terlalu lemah akibat tidak makan.

"Mereka tidak menghargai kontrak yang bisa membahayakan keamanan fisik dari anak-anak yang menjadi tanggung jawab mereka," kata Bourgoin.

Keputusannya ini langsung mendapatkan kecaman keras dari pemuka agama Islam dan aktivis HAM di Prancis. Mereka mengatakan bahwa puasa adalah masalah kebebasan individu, tidak ada hubungannya dengan kontrak.

Lagipula menurut laporan yang diterima BBC, beberapa perusahaan di Prancis mengatakan bahwa berpuasa tidak berpengaruh terhadap performa karyawan mereka.

Rencananya, keempat pegawai yang dipecat tersebut akan mengajukan masalah ini ke pengadilan. Namun, sebelum hal tersebut dilakukan, dewan kota Gennevilliers memutuskan untuk menganulir keputusan pemecatan dan merevisi klausa dalam kontrak.

Walaupun menerima keputusan tersebut, namun Bourgoin masih keras kepala. Dia mengatakan akan menggelar arena debat soal masalah ini pada September mendatang.

Setelah 23 Tahun Hilang Pria Ini Muncul

Posted: 01 Aug 2012 06:25 PM PDT

VIVAnews -- Keluarga sudah pasrah atas nasib Moslemuddin Sarkar (52) yang menghilang tanpa kabar selama 23 tahun. Mereka bahkan menduga, pria Bangladesh itu telah meninggal dunia.

Namun, pada Selasa 31 Juli 2012, Sarkar pulang ke rumah keluarganya di Dhaka. Selama menghilang, ia sempat menghabiskan waktu 15 tahun sebagai tahanan penjara Pakistan, dan lantas dibebaskan atas bantuan Komite Palang Merah Internasional.  Keluarganya kehilangan kontak dengan Sarkar yang pergi ke India untuk mencari kerja pada tahun 1989.

Selama ditahan, Sarkar mengaku kerap disiksa dan dipukuli. "Saya minta pada petugas kedutaan untuk dipulangkan ke Bangladesh, tapi tak ada satupun yang mendengar," kata dia kepada BBC.

Kehidupan di penjara bak neraka baginya. "Aku sangat menderita dan berteriak minta tolong. Tapi tak ada satupun yang menyelamatkanku. Hingga kini aku tak tahu mengapa aku dipenjara begitu lama. Tapi, akhirnya aku bisa kembali pulang ke pelukan keluargaku, aku sangat bersyukur."

Sarkar mengaku masuk India secara ilegal pada 1989, tanpa memberitahu keluarganya. Pada tahun 1997, ia tertangkap saat mencoba masuk ke Pakistan tanpa dokumen perjalanan yang sah. Sebagai ganjaran, ia harus menghabiskan 15 tahun di penjara di Lahore dan Karachi.

"Aku pergi ke Pakistan karena merasa bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik, tapi mereka menangkapku di perbatasan," kata dia. Lusinan surat ia tulis untuk keluarganya selama di perantauan, namun tak sampai ke alamat.

Kepulangan Sarkar di bandara Dhaka disambut haru anggota keluarganya. Adiknya, Julhas Uddin mengatakan, sang ibu bahkan pingsan sambil memeluk putranya yang lama hilang, saat Sarkar kembali ke rumahnya di desa. "Adegan yang sangat mengharukan. Kakak saya menangis selama berjam-jam."

Julhas Uddin mengatakan, kepulangan Sarkar adalah kejutan besar. "Kami mencarinya selama bertahun-tahun dan akhirnya menyerah, kami mengira dia tenggelam di laut. Namun, ibu saya selalu yakin putranya akan pulang suatu saat nanti," kata dia. Dan, keyakinan itu terbukti.

Ciuman Jarak Jauh Kini Bisa Terasa

Posted: 01 Aug 2012 06:20 PM PDT

VIVAnews - Jika Anda terpisah jauh dengan pasangan, alat ini bisa menyampaikan rindu. Tapi, Anda harus mencium dulu alat yang mirip Mr. Potato Head di film animasi Toy Story. Perangkat pesan baru ini bernama Kissenger. Anda bisa mengirimkan ciuman jarak jauh melalui koneksi nirkabel kepada pasangan.

Alat ini ditampilkan pada konferensi Rancang Sistem Interaktif di Newcastle, Inggris pada Juni lalu. Kissenger dilengkapi bibir plastik yang sensitif merespon tekanan. Bibir yang serupa mulut manusia ini dipasang pada benda berbentuk telur yang dibungkus lapisan plastik lembut.

Bibir ini berisi sensor tekanan dan aktuator (bagian yang berfungsi sebagai penggerak). Ketika Anda mencium benda ini, perubahan bentuk yang terjadi ditransmisi langsung melalui internet ke mesin Kissenger yang menerima. Aktuator menghasilkan tiruan pola tekanan ciuman yang Anda lakukan. Secara cepat, Anda dapat mencium orang yang Anda kasihi dari jarak jauh.

"Banyak orang yang merespon sangat positif. Alat ini dinilai menjadi cara meningkatkan keintiman komunikasi dengan pasangan ketika terpisah jauh," ujar pengembang perangkat ini dari Lovotics, Hooman Samani.

Perusahaan asal Singapura ini sudah membuat prototipe Kissenger. Samani mengatakan tidak akan menjualnya hingga semua pertimbangan masalah etika dan teknis diselesaikan.

"Saya tidak tertarik dengan penggunaan perangkat ini secara seksual," imbuhnya seperti dilansir dari New Scientist.

Kissenger bukan perangkat pertama yang ingin menciptakan transmisi ciuman jarak jauh. Simulator ciuman ala Perancis sudah dibuat pada Mei 2011 oleh peneliti Kajimoto Lab di Universitas Komunikasi Elektronik, Tokyo, Jepang. Alat ini memiliki sedotan yang dapat berotasi mengikuti gerak lidah penciumnya. Sedotan ini menyampaikan gerak lidah dalam ciuman ala Perancis.

"Anda tidak perlu mengirimkan semua parameter dari sebuah ciuman. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kedekatan hubungan jarak jauh. Kami sedang berusaha mengurangi kadar keanehannya," ujar Samani. (eh)

Inilah Mesjid Paling indah Di Dunia

Posted: 01 Aug 2012 06:13 PM PDT

Mesjid Terindah Di Dunia.Inilah  Berkat kemegahan, kesakralan, dan keunikannya, mesjid-mesjid ini dianggap sebagai yang paling terindah di dunia. Mari kita lihat beberapa diantaranya :
1. Mesjid Faisal
Masjid Faisal di Islamabad adalah masjid yang paling besar di Pakistan. Vedat Dalokay, arkitek Turki yang mengilhamkannya, menggunakan khemah Beduin sebagai inspirasi seni bina Masjid Faisal.
Mesjid Faisal merupakan masjid terbesar di Islamabad, Pakistan. Mesjid yang didesain oleh Vedat Dalokay ini berbentuk kemah gurun Bedouin. Pembangunannya selesai pada tahun 1986.


2. Mesjid Raya Baiturrahman
Masjid Besar Baiturrahman di Banda Acheh, Indonesia telah dibakar habis apabila Acheh diserang kuasa Belanda pada tahun 1873. Namun, ia telah dibina balik satu dekad kemudian. Ia antara masjid yang pa
Mesjid Raya Baiturrahman, Aceh, Indonesia. Ini merupakan masjid yang dianggap sebagai simbol Aceh, khususnya sejak kejadian bencana tsunami tahun 2004. Desain mesjid ini dipengaruhi gaya khas Belanda dan India Moghul, tak lepas, pengaruh lokal juga membuat desain masjid ini terlihat menarik.

3. Mesjid Taj-Ul
Masjid Taj Ul di Bhopal antara masjid yang paling besar di benua Asia.

Mesjid Taj-Ul, sesuai namanya, merupakan "mahkota para mesjid". Konstruksi masjid ini dimulai oleh Sultah Shah Jahan, pemimpin Bhopal. Karena masalah dana, pembangunan mesjid ini terlambat pembangunannya sampai tahun 1971. Masjid ini dianggap menjadi salah satu masjid terindah di India.


4. Mesjid Badshahi
Masjid Badshahi telah dibina oleh Maharaja Mughal yang mashyur, Aurangzeb, pada tahun 1671. Ia merupakan masjid yang kelima paling besar di dunia.

Mesjid Badshahi berada di Lahore, Pakistan. Mampu mengakomodasi 5.000 jamaah di dalamnya, dan didesain dengan arsitektural gaya Mughal yang kental. Masjid ini dibangun oleh Aurangzeb pada tahun 1671.

5. Great Mosque of Xi'an
Great Mosque of Xi'an di China menampilkan ciri-ciri budaya Cina bersebelahan dengan seni bina Islam.
Great Mosque of Xi'an berlokasi di dekat Drum Tower, provinsi Shaanxi, Cina. Masjid berdesain khas Cina ini merupakan salah satu yang tertua di dunia; dibangun pada tahun 742.


6. Masjid Jamek
Masjid Jamek, adalah salah satu masjid yang paling ikonik untuk penduduk-penduduk bandaraya Kuala Lumpur. Malah, ia merupakan tapak di mana bandaraya kami ini 'dilahirkan'.

Mesjid Jamek merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur, Malaysia. Didesain oleh Arthur Benison Hubback, mesjid ini dipengaruhi arsitektur khas Moors yang merupakan desain khas Afrika Utara.


7. Mesjid Muhammad Ali Pasha
Masjid Muhammad Ali Pasha di Cairo, Mesir menampilkan seni bina Ottoman yang klasik. Ia dibina oleh pemerintah Mesir, Muhammad Ali Pasha untuk mengingati anak sulungnya, Tusun Pasha
Mesjid Muhammad Ali Pasha di Kairo, merupakan masjid terbesar yang pernah dibangun pada awal abad 19. Dibuat sebagai simbol mengenang Tusun Pasha, anak tertua Muhammad Ali Pasha yang meninggal pada tahun 1816. Sampai saat ini, masjid ini masih jadi daya tarik favorit mereka yang mengunjungi Kairo, Mesir.


8. Mesjid Sultan Ahmed
Sultanahmet Camii, juga dikenali sebagai Blue Mosque, di antara masjid yang paling mashyur di Turki. Pembinaannya mengambil masa tujuh tahun, dari 1609 hingga 1616. Seni bina masjid ini dipengaruhi un
Mesjid Sultan Ahmed disebut juga sebagai Masjid Biru karena tembok bagian dalam yang didominasi warna biru. Dibangun pada tahun 1609, masjid ini kental dengan nuansa desain klasik Ottoman, dan menjadi daya tarik turisme Istanbul, Turki.


9. Mesjid An-Nabawi
Masjid an-Nabawi di Madinah adalah fokus umat Islam pada musim Haj. Bersama dengan Masjidil Haram di Mekah, ia adalah tempat yang paling suci untuk agama Islam.
Sisi kesejarahannya, kemegahan, dan keindahannya membuat Mesjid An-Nabawi dianggap sebagai masjid tersuci kedua bagi umat Islam sedunia. Dibangun pada era Nabi Besar Muhammad SAW di kota Madinah, desain masjid ini banyak diadaptasi oleh para arsitek sebagai cetak biru desain masjid dunia.


10. Masjidil Haram
Masjidil Haram di Mekah merupakan tempat yang paling suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Setiap tahun, berjuta-juta umat akan ke Tanah Suci Mekah untuk menyempurnakan ibadah Haji dan Umrah.
Masjidil Haram, Mekkah. Kiblat dan tempat paling suci bagi umat Islam dunia. Menjadi saksi berdirinya Islam. Masjid ini merupakan tujuan haji sebagai rukun Islam kelima. Pusat masjid ini adalah Kabah yang menjadi kiblat umat Islam. Konstruksi awal Kabah sendiri sebenarnya sudah dibangun oleh Nabi Adam AS, seiring waktu berjalan, Kabah dilupakan dan dihancurkan. Nabi Ibrahim AS membangunnya kembali. Struktur masjid suci ini dibangun di atas tanah seluas 88,2 hektar. 
 

Berapa Jumlah Zakat Presiden SBY ?

Posted: 01 Aug 2012 06:02 PM PDT

VIVAnews - Setiap muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah yang dikeluarkan pada bulan Ramadan. Baik untuk dirinya, keluarga atau tanggungannya.

Ramadan tahun ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menunaikan kewajibannya membayar zakat fitrah sebesar Rp1,4 juta. Zakat tersebut dibayarkan untuk 19 orang yang ditanggungnya. Sementara untuk zakat mal, Presiden SBY mengeluarkan sebesar Rp20,4 juta.

Pembayaran zakat langsung diserahkan kepada Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Didin Hafidhudin di Kantor Presiden, Rabu 1 Agustus 2012.

Pada kesempatan itu, Didin juga melaporkan pengumpulan zakat nasional tahun 2011 yang tercatat oleh Baznas sebesar Rp1,73 triliun. Angka ini naik 15,13 persen dibanding tahun 2010.

"Penerima manfaat melalui program-program penyakuran dana zakat sebanyak 1,7 juta orang tidak mampu," kata Didin Hafidhuddin.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment