Berita Unik Sensasional

Share on :

Berita Unik Sensasional


Kumpulan FOTO Asal Usul Peluit Wasit Sepakbola

Posted: 08 Apr 2013 05:10 PM PDT

SerUnique.com - Kumpulan FOTO Peluit Wasit Sepakbola. Anda Hobby nonton atau bermain sepak bola pasti tidak akan asing lagi yang namanya "Peluit". Peluit yang akan melengking nyaring saat ada pelanggaran dalam suatu pertandingan. Peniupnya adalah sang wasit.

Sepak bola zaman dulu peraturannya belum ketat. Jadi belum ada yang namanya peluit. Tapi setelah aturan dalam sepak bola dibuat lalu sepak bola memakai wasit, sang wasit kesulitan memberikan tanda jika ada pelanggaran. Pakai suara, wah bisa putus pita suara sang wasit karena harus berteriak-teriak di tengah ramainya penonton dan sibuknya pemain.

Jadi untuk mempermudah memberikan tanda bila ada pelanggaran pemain sepak bola, maka munculnya ide memakai peluit. Pertama pertandingan sepak bola yang memakai peluit dimulai di Notthingham pada 1878. Tentu saja Jenis peluitnya waktu masih sederhana.

Seorang warga Birmingham, Joseph Hudson, pada 1884 berhasil menemukan peluit yang lebih nyaring dan mudah dibunyikan. Peluit itu diberinama "Acme Thunderer".

Acme Thunderer




Sampai sekarang jenis peluit Acme Thunderer masih tetap bertahan. Mungkin modelnya berubah, tetapi konstruksi dan desain dasar peluit yang dipakai sepak bola sekarang ini tidak jauh berbeda dengan peluit yang ditemukan Hudson.

Peluit itu memang terkenal sejak dibuat tahun 1884. Hudson sendiri masih terus memproduksi peluit tersebut. Bagkan pemakainya tidak hanya di sepak bola, tetapi juga kepolisian, transportasi kapal, sampai untuk musik reggae.

Lalu Hudson akhirnya mendirikan pabrik peluit itu di Birmingham. Sudah hampir 200 juta peluit yang diproduksi pabrik hasil peninggalan Hudson tersebut dan telah dipakai di banyak keperluan sampai sekarang. utamanya sepak bola. Berikut beberapa model peluit yang diproduksi Hudson & Co.

Inilah beberapa Jenis peluit pertama yang kemudian menjadi pakem sebagai peluit sepak bola. Dikutip dari forum.viva.co.id.


Model No. 60 1/2 (1923)




Peluit ini didesain untuk suasana pertandingan yang penontonya banyak. Maka dengan demikian, suara peluit ini tidak akan kalah oleh gelegar sorak-sorai. Pertama kali peluit ini dipakai di final Piala Wembley pada 1923.

Acme Thunderer Version Two (1920)




Rancangan dan desainnya masih tetap sama. Tetapi ukuran peluit agak kecil. Di samping itu, suaranya lebih bagus dan keras. Mudah ditiup dan cocok untuk wasit sepak bola.


Pro-Soccer Whistle (1930)




Pro-Soccer Whistle adalah jenis peluit yang lebih kuat. Peluit ini bisa bahkan terdengar hingga ke pojok-pojok stadion, meski stadion penuh sesak oleh penonton dengan teriakan-teriakan yang membahana. Peluit ini diproduksi Hudson & Co pada 1988 dan digunakan di Piala Dunia, Liga Champions, Piala UEFA, dan kompetisi di banyak negara.

Demikianlah sobat Blog Unik dan Aneh yang berbahagia. Semoga berita tentang Kumpulan FOTO Peluit Wasit Sepakbola akan memberikan pengalaman berharga untuk anda.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment