Berita Unik Sensasional

Share on :

Berita Unik Sensasional


Tebak-tebakan Logika, Ayo Tebak Siapa Bisa?

Posted: 16 Dec 2012 09:00 PM PST


------------------------

Aku beli mobil, tp blm punya duit :

aku hutang A = 50jt dan B = 50jt total 100jt, kubeli mobil hrg 97jt, sisa 3jt.

Utk mengurangi hutang, aku balikin 1jt ke A , 1jt ke B, dan 1jt aku kantongi.

Jd hutangku dg si A = 49jt dan B = 49jt.

Tetapi bila dijumlah : 49jt + 49jt = 98jt + 1jt di kantongku = total 99jt

pdhl td ada 100jt

Kemana yg 1jt ya?

kalo gak tau, forward ke temen biar pusingnya bareng2..

[imagetag] 

[imagetag]

Tolong bantuin ane

klo dah ketemu jawabannya ane juga bingung..

sumber: http://www.zonaunik.com/2012/12/tebak-tebakan-logika-ayo-siapa-bisa.html

Penembakan Brutal yang Terus Berlanjut ( VIDEO )

Posted: 16 Dec 2012 06:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta : Penembakan di Sekolah Dasar Sandy Hook Elementary School, Newtown, Connecticut, Amerika Serikat, mengakibatkan 27 orang tewas. Sebanyak 18 di antaranya merupakan anak-anak. Kasus ini menambah panjang daftar kasus penembakan brutal yang terjadi di AS sepanjang 2012.

Pada 20 Juli silam, penembakan terjadi di sebuah teater di Aurora, Colorado, menewaskan 12 orang dan 59 orang lainnya terluka.

Demikian pula pada peristiwa yang sama, 5 agustus 2012, 7 orang tewas dalam penembakan brutal di sebuah kuil umat Sikh di Wisconsin. Pelaku ditembak mati oleh polisi.

Kemudian Oktober lalu, 7 orang ditembak dan 3 di antaranya tewas dalam penembakan di sebuah pusat kebugaran di Milwaukee. Pelaku ikut tewas setelah menembak diri sendiri.

Sedangkan penembakan di Connecticut, Jumat (14/12/2012) kemarin, terjadi hanya tiga hari setelah pria bertopeng, Jacob Roberts melepaskan tembakan di sebuah mal di Portland, Oregon. Ia menembak dua orang hingga tewas sebelum bunuh diri.

Dari seluruh kasus penembakan brutal di AS, apa yang terjadi kemarin dianggap sebagai kasus penembakan terburuk yang terjadi di sekolah dasar di AS. Seorang wali murid yang berada di dalam sekolah saat itu mengaku mendengar setidaknya 100 tembakan yang diberondongkan.(Ado)

Apa Tanda Pria Sudah Tidak Perjaka ?

Posted: 16 Dec 2012 05:00 PM PST

Sebenernya gak cuma cewk doank yang bisadibedain keperawanannya.. emang gak banyak orang tau gmn cara ngbedain keperjakaan cowk…



Nah cowk kalo masih perjaka, pasti mr. p-nya merah dan masih kenceng kulit kelaminnya.. 
kalo cow udah gak perjaka pasti mr. p-nya hitam dan keriput2 kulit kelaminnya.. semakin dia sering ngelakuin, pasti warnanya tambah hitam dan kulitnya tambah keriput.. 
Ciri Ciri Pria Sudah Tidak Perjaka 
Ada juga loh anggapan kalo cowok gak perjaka bisa dikenali lewat tanda-tanda fisiknya. Misalnya bisa dilihat dari : 
1. Perut pada bagian pinggang mulai kendor 
2. Pada bagian lutut, kalo dipukul bunyinya keras sekali 
3. Cowok perjaka kencingnya lurus 
Lepas dari bener atau salah asumsi ini berikut pendapat salah satu pakar seksolog mengenai kebenaran ciri-ciri fisik ini.
Quote: Dr. Andik Wijaya, M.Rep.Med mengatakan, "Perjaka atau perawan tidaknya seseorang tuh nggak bisa dilihat dari ciri-ciri fisiknya"

Jadi kalo pengen tau orang tersebut masih virgin atau udah enggak ya tanya aja langsung ama orangnya. Semua ciri-ciri fisik yang tertulis di ebberapa artikel yang ada di internet, hanyalah mitos. Secara medis tidak bisa dibenarkan, karena TIDAK ADA HUBUNGANNYA! sumber: http://www.zonaunik.com/2011/02/ciri-ciri-pria-sudah-tidak-perjaka.html

Udah pernah tengok Manusia Super IDIOT Sejagad belum? Coba Lihat Gan

Posted: 16 Dec 2012 04:42 PM PST


Ini orang bener-bener kaga ada otaknye gan? Bisa dibilang SUPER IDIOT abis dah!!!! Masa mau pasang AC aja sampe keluar jendela dan nemplok diatas AC-nya...Kebangetan IDOT emang nih orang...


Sumber : http://www.menjelma.com/2012/12/udah-pernah-tengok-manusia-super-idiot.html

Buah Alpukat Manfaat Banget untuk Kesehatan

Posted: 16 Dec 2012 04:06 PM PST

Buah alpukat adalah buah yang sangat terkenal di daerah tropis seperti Indonesia. Buah ini sangat nikmat jika dijadikan jus. Aromanya yang khas bila dijadikan jus mengundang selera untuk menelannya hingga habis di gelas. Saya sendiri pernah ( tidak sering ) beli di sebuah warung jus alpukat dan sangat nikmat diminum di tengah hari yang terik. Buah alpukat bisa anda dapatkan di super market dan pasar kaki lima atau di toko dan pasar buah.

Di balik rasa dan aromanya yang khas, mungkin anda tidak tahu manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Buah alpukat memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Maka dari itu melalui artikel info sehat kali ini saya menyarankan anda untuk mengonsumsinya secara teratur untuk menjaga kesehatan anda. Agar anda semangat untuk selalu mengonsumsinya silahkan baca terus manfaat dari buah yang satu ini :

1. Buah Alpukat Sebagai Pencegah Stroke

Buah alpukat memiliki kandungan folat yang tinggi sekali. Kandungan folat bermanfaat untuk mencegah serangan stroke. Dengan banyak mengonsumsi folat kemungkin terserang stroke akan lebih diminimalisir.

2. Buah Alpukat sebagai Sumber vitamin E

Di dalam Buah alpukat terkandung vitamin E yang cukup tinggi. Kita tahu bahwa vitamin E sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit dan juga dapat memelihara kesehatan secara keseluruhan. Di samping itu, kandungan vitamin E dalam buah alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

3. Buah Alpukat sebagai Penyembuh Sakit Maag

Sedang terkena sakit maag ? Kalau tidak parah jangan beli obat dulu. Makan saja sari biji buah alpukat. Karena buah ini bisa mengoabati penyakit maag yang menyerang anda.

4. Buah Alpukat ada lemak nabati tinggi yang tak jenuh.

Lemak nabati pada buah alpukat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol darah (LDL). Artinya buah ini dapat mencegah penyakit jantung, penyakit stroke, Kanker atau darah tinggi. Di samping itu, adanya lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan bakteri. Lemak tak jenuh pada alpukat juga tidak sulit dicerna tubuh sehingga bisa memberikan hasil maksimal pada tubuh.

5. Buah Alpukat Mengandung Zat besi dan tembaga
 
Di dalam buah alpukat terdapat zat besi dan tembaga. Zat besi dan tembaga sangat besar peranannya dalam membentuk sel darah merah. Maka makan buah alpukat secara teratur dapat mencegah terjadinya anemia.

Demikianlah info tentang manfaat buah bagi kesehatan untuk anda khususnya buah alpukat. Kembalilah ke cara-cara alami untuk mencegah dan mengobati segala penyakit. Karena cara alami relatif lebih aman dari pada obat-obatan yang banyak mengandung zat kimia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Unik, Operasi Wajah Pake Kulit Mayat

Posted: 16 Dec 2012 02:39 PM PST

Milwaukee - Ingin tambah cantik dengan operasi wajah, itu sudah biasa. Tapi transpalansi wajah dengan kulit mayat? Hiii... 

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sebuah klinik di AS telah berhasil melakukan operasi transpalansi wajah kepada pasiennya dengan kulit mayat. 


"Aku sangat senang dengan wajah baru ini. Tak banyak perubahan dari wajahku yang 
dulu," kata tim dokter bedah Maria Siemionow menirukan ucapan sang pasien yang tak ingin 
diketahui identitasnya. 


Seperti dilansir news.com.au, Sabtu (7/2), pasien itu adalah seorang wanita yang mengalami kecelakaan, sehingga wajahnya rusak 80 persen. Dokter dari rumah sakit Cleveland Clinic enggan merinci identitas pasien itu.
19835large
Menurut Maria, si pasien tak punya stuktur wajah, hidungnya hancur, bahkan ia harus 
menggunakan peralatan medis untuk membantunya makan atau sekedar bernafas. Sehingga tim dokter memutuskan untuk melakukan operasi transpalansi pada wajahnya. 


"Dalam 22 jam operasi kami menggunakan tulang, otot, kulit dan darah dari orang yang 
sudah mati," kata Maria. 


Setelah operasi berhasil, tak ada tanda penolakan dari si pasien. Justru ia sangat 
senang, karena ia sudah bisa makan pizza untuk pertama kalinya selama 1 tahun. 
Operasi transpalansi sangat berisiko tinggi. Bila organ baru tak cocok, akan menimbulkan 
infeksi, kanker bahkan kematian. Tertarik mencoba? 
murah meriah gan ....

sumber: http://www.zonaunik.com/2011/02/operasi-wajah-pakai-kulit-mayat.html

Tahu Nggak Mengapa Pacaran Tidak Boleh Lebih Dari 4 Tahun ?

Posted: 16 Dec 2012 03:35 PM PST


Hormon Cinta Hanya Bertahan 4 Tahun, Sisanya dorongan Seks, Sebuah hubungan pasti akan menemui titik jenuh. Bukan hanya karena faktor bosan semata, tapi karena kandungan zat kimia di otak yang mengaktifkan rasa cinta itu sudah habis. Peneliti menemukan jika sudah lewat 4 tahun yang tersisa hanya dorongan seks, bukan cinta yang murni lagi. 

Hal itu diungkapkan oleh peneliti dari Researchers at National Autonomous University of Mexico. Menurut peneliti disana, rasa tergila-gila dan cinta pada seseorang tidak akan bertahan lebih dari 4 tahun. 

"Tidak ada cinta yang benar-benar murni setelah 4 tahun," ujar seorang peneliti seperti dikutip dari Geniusbeauty, Rabu (9/12/2009). 
Rasa tergila-gila yang muncul pada awal-awal jatuh cinta disebabkan oleh aktivasi dan pengeluaran komponen kimia spesifik di otak, berupa hormon dopamin, endorfin, feromon, oxytocin, neuropinephrine yang membuat seseorang merasa bahagia, berbunga-bunga dan berseri-seri. 

Hormon-hormon itu sangat baik untuk tubuh dan mempengaruhi kesehatan seseorang karena bisa membuat aliran darah lebih lancar, denyut jantung lebih stabil, rileks dan perasaan lebih bergairah dan bersemangat. Namun masalahnya efek hormon-hormon itu tidak akan abadi dan akan berkurang seiring berjalannya waktu. 

"Bahkan cinta yang sangat dalam sekalipun akan kehabisan efek itu ketika sudah berjalan lebih dari 4 tahun. Hal itu dikarenakan tubuh sudah kebal terhadap semua efek hormon tersebut. Jika sudah begitu, rasa cinta akan cenderung berubah menjadi ketergantungan emosi dan seksual," jelas peneliti dari Meksiko. 

Peneliti telah melakukan survei skala besar terhadap orang-orang yang jatuh cinta dan menemukan fakta bahwa cinta adalah obsesi. Ketika terobsesi pada seseorang, apapun caranya akan diperjuangkan, bahkan rela tidak tidur dan tidak makan hanya gara-gara memikirkan orang yang dicintainya. Tapi setelah mendapatkannya, perlahan rasa itu akan hilang. 

Untuk itu, bersiap-siaplah terhadap segala kemungkinan terburuk dari sebuah hubungan setelah melewati masa 4 tahun. Hindari rutinitas yang membosankan dan cari variasi dalam setiap kegiatan bersama agar tidak dilanda stres. Coba ingat-ingat lagi, apa yang membuat Anda jatuh cinta padanya dulu, lalu hayati lagi perasaan itu .

sumber: http://www.menjelma.com/2012/12/alasan-mengapa-pacaran-tidak-boleh.html

Harus Bilang Wow 24 Manfaat Madu untuk Kesehatan

Posted: 16 Dec 2012 04:11 AM PST

Madu memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan. Madu dijadikan sebagai bagian dari cara pengobatan yang dianjurkan bahkan diajarkan oleh Nabi SAW (Shalawat Nabi). Seperti kita tahu bahwa Nabi Muhammad terkenal dengan sebutan Tobib ( dalam bahasa Indonesia Ahli pengobatan ), jadi sangat baik bagi kita untuk mengonsumsi madu sebagai cara pengobatan.

Kemanfaatan madu untuk kesehatan sesuai dengan dalil atau hadits Nabi ( Hadits adalah perkataan dan perbuatan nabi ). Beliau bersabda, "Obatilah segala penyakit kalian dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kemudian terapilah dengan MADU, HABATUS SAUDA, ZAITUN." Dan yakinlah bahwa ALLAH lah yang menyembuhkan segala penyakit.

Hadits lain, Dalam Sunan Ibnu Majah, ada sebuah riwayat marfu' yang datangnya dari Abu Hurairah: "Siapa saja minum tiga sendok madu dalam tiga pagi saja setiap bulan, maka ia tidak akan terserang penyakit berat".

Dalam riwayat hadits yang lain juga disebutkan: "Hendaklah kamu sekalian memanfaatkan 2 macam obat: Madu dan Al Quran" hadits dari shahih Bukhari dan Muslim.

Saya punya seorang sahabat yang diyakini oleh banyak orang sebagai dokter/tabib. Dia menggunakan cara-cara alami untuk menyembuhkan pasiennya. Dia sehat sekali. Ketika saya tanya apa tips sehatnya, ia menjawab minum madu setiap pagi dicampur dengan air sebelum kita berkumur-kumur. Saya coba tipsnya dan saya rasakan lebih sehat dari sebelumnya.

Manfaat Madu Untuk Menjaga Kesehatan

Baiklah akan saya sampaikan Manfaat Madu untuk Kesehatan sebagai berikut :
  1. Madu memiliki gizi tinggi sehingga dapat melembutkan system alami tubuh.
  2. Madu dapat Mengawetkan pasta atau makanan yang direndam dengan pasta.
  3. Madu dapat Menghilangkan rasa obat yang tidak enak.
  4. Madu dapat Membersihkan lever dan menjaga kesehatan lever
  5. Madu bisa membersihkan kotoran yang ada pada usus pembuluh darah dan yang lainnya.
  6. Madu dapat menetralisir tubuh yang lembab. Caranya bisa dengan dikonsumsi atau dioleskan.
  7. Madu bermanfaat bagi para lansia atau lanjut usia dan mereka yang memiliki keluhan pada dahak atau yang metabolismenya cenderung lembab dan dingin.
  8. Kalau madu diminum dicampur dengan air putih dapat berguna mengobati sakit akibat gigitan anjing gila (rabies) atau akibat keracunan jamur.
  9. Jika daging segar direndam ke dalam madu akan bisa menjadi awet selama 3 bulan.
  10. Jika Buah labu, mentimun, dan terong direndam dalam madu juga bisa awet dalam waktu 3 bulan.
  11. Madu dapat Memperlancar buang air kecil
  12. Madu sesuai untuk mengobati batuk berdahak
  13. Bila madu diminum dalam keadaan panas di campur dengan air tawar bisa bermanfaat untuk mengusir serangga dan pengaruh opium
  14. Buah-buahan yang direndam ke dalam madu dapat bertahan hingga enam bulan.
  15. Madu dapat juga digunakan sebagai balsem untuk mayat, sehingga bisa disebut pembalseman yang aman.
  16. Bila madu dioleskan ke rambut yang berkutu akan dapat membunuh kutu dan dapat Menghilangkan Ketombe.
  17. Madu bisa juga membuat rambut panjang, memperindah dan melembutkannya.
  18. Jika madu digunakan sebagai celak, akan dapat mempertajam pandangan mata.
  19. Madu berfungsi membuka simbul-simbul pembuluh darah dan membersihkan kotorannya.
  20. Madu juga baik untuk ginjal dan kandung kemih.
  21. Madu TIDAK BERBAHAYA bagi penderita kelainan lever dan limpa, seperti zat-zat gula pada umumnya.
  22. Untuk MENGHILANGKAN bahayanya sama sekali bisa di campur dengan CUKA BUAH dan sejenisnya, bahkan bisa berubah menjadi obat yang banyak manfaatnya.
  23. Jika madu digunakan untuk menyikat gigi dapat memutihkan dan Memutihkan Gigi.
  24. Madu dapat menjaga kesehatan gigi dan menyehatkan gigi.

Demikianlah beberapa manfaat madu untuk kesehatan. Semoga dengan info kesehatan kali ini akan memotivasi kita semua untuk menjaga kesehatan, di antaranya dengan mengonsumsi madu secara teratur untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit. Di posting yang akan datang akan saya berikan ulasan/tips untuk anda bagaimana mengetahui madu asli dan madu tidak asli. Semoga saya selalu sehat untuk selalu menulis artikel bermanfaat untuk anda. Amien.

Diambil dari satu sumber http://infosehattt.blogspot.com

Tips Sederhana Mengetahui Madu Asli

Posted: 16 Dec 2012 02:10 AM PST

SerUnique.com - Sebagaimana telah saya tulis sebelumnya bahwa begitu banyak manfaat dari mengkonsumsi madu untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh kita. Madu dapat menjadi obat alternatif bagi kita yang sedang terkena penurunan stamina dan bahkan yang sedang bermasalah dengan penyakit yang berat seperti tersumbatnya pembuluh karena kolesterol, penyakit kencing manis dan lain sebagainya. Untuk mengetahui manfaat dari madu silahkan buka lagi artikel sebelumnya di sini

Madu memang bermanfaat untuk kesehatan. Dan madu telah banyak bertebaran di mana-mana dan banyak dicari orang karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan. Karena banyaknya orang mencari madu, maka tidak sedikit yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan dengan menjual madu aspal aleas katanya asli padahal palsu. Tujuannya tidak lain untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya dengan membuat orang lain merugi.

Sangat banyak jenis madu yang beredar secara bebas di masyarakat, baik madu jenis local hingga madu impor yang dijual dengan harga yang mahal. Tapi ingat tTidak semua madu yang dijual dipasaran adalah merupakan madu murni. Maka dari itu, kita harus tahu mana madu asli dan mana madu tidak asli aleas palsu.

Adapun cara mengetahui secara sederhana madu asli yang biasa dijual dipasaran adalah sebagai berikut :

Madu yang memiliki kandungan air yang sedikit adalah merupakan madu yang mempunyai kualitas yang baik. Karena madu tersebut diambil dari sarang lebah tanpa diberi campuran apapun. Cara yang paling valid Untuk mengetahui madu yang dijamin keaslian dan kualitasnya adalah dengan melakukan tes laboratorium. Akan tetapi kita bisa mengetahui akan mutu dari madu dengan beberapa langkah sederhana berikut ini :

Langkah Pertama

Teteskan satu tetes madu kedalam segelas air putih. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar gelas tanpa berpendar dan akan tetap kelihatan solid atau mengumpul.

Langkah Kedua

Untuk mengetahui madu asli dan berkualitas adalah dengan cara dibakar. Ambil sendok lalu isi sendok tersebut dengan madu setengahnya saja. Lalu nyalakan lilin dan panaskan madu di sendok tadi di atas lilin yang menyala. Tandanya, Madu asli akan meluber sebab terkena panas dan akan tumpah.

Langkah Ketiga

Ambil 1 sendok makan madu dan masukkan ke dalam sebuah cawan putih. Kemudian masukkan air secukupnya ke dalam cawan yang ada madu tersebut. Silahkan Goyang-goyang  cawan yang berisi campuran madu dan air tersebut selama 40 detik hingga satu menit. Tandanya, jika madu tersebut adalah asli maka sesudah digoyang-goyang cawan campuran madu dan air tadi akan terbentuk struktur rumah lebah.

Langkah Keempat


Langkah berikut ini sangat sederhana. Monggo sediakan kertas Koran secukupnya. Teteskan madu diatas kertas koran. Tandanya, jika madu asli, maka madu tidak akan langsung merembes di kertas koran karena tidak mengandung air.

Kesimpulan


Cara-cara sederhana di atas sangat bermanfaat untuk mengetahui madu asli dan madu tidak asli. Ada sebagian teman yang memberikan saran begini, tidak apa-apa beli madu yang banyak bertebaran di pasaran. Tapi ketika minum madu usahakan minum 2 atau 3 sendok makan. Jika anda minum 2 sendok maka diyakini yang 1 sendok adalah asli dan yang 1 adalah madu palsu. Berarti anda minum 1 sendok madu setiap hari. Semoga bermanfaat untuk anda tips kali. Salam sehat.

Di balik Mitos dan Misteri Menanam Ari-ari Bayi

Posted: 15 Dec 2012 10:03 PM PST


Forum.Viva - Tiap daerah di Nusantara mempunyai adat yang berbeda dalam merawat tembuni (ari-ari) sewaktu bayi lahir. Di Jawa sendiri terdapat beberapa variasi, ada yang ditanam sesegera mungkin di rumah orang tuanya, ada yang dihanyutkan ke sungai atau laut, ada juga setelah dimasukkan ke bejana tanah (kendil) kemudian digantung pada blandar (tiang melintang) di dapur atau ruang tengah (sentong).

Perbedaan ini tidak menjadikan masalah, seperti di daerah Jogja dan Solo kebanyakan tembuni diperlakukan dengan ditanam di tanah. Sementara disebagian wilayah Karesidenan Kedu, khususnya Wonosobo, Karesidenan Banyumas, serta di daerah sekitar Karanganyar dan Tawangmangu, para orang tua lebih suka menggantung tembuni yang dimasukkan ke dalam bejana tanah. Untuk sebagian daerah pesisir, cukup banyak orang yang lebih suka menghanyutkan (melabuh) tembuni tersebut.

Meski ada beberapa macam cara memperlakukan tembuni, namun ada satu kesamaan, yaitu setelah dicuci dan dibersihkan dengan hati-hati menggunakan air bersih, tembuni dimasukkan ke dalam bejana tanah. Kemudian disertakan juga beberapa 'uba-rampe' ke dalamnya. Secara detail tata-cara tersebut diuraikan dalam baris-baris Kidungan di bawah ini:

KIDUNGAN PANGRUKTINING ARI-ARI

(1) Bebukane golong-galing kaki (utawa : nini), putu banteng Wulung.
Kaki Among Nini Among kiye, lah tunggunen gusti arsa guling, sira sun opahi striya mujung.

(2) Kakang Kawah Adi Ari-ari payo pada nglumpuk.
mBok Nirbiyah lan Diah den age, batok bolu lan uyah ywa kari, lan arta rong duwit, dome aja kantun.

(3) Beras abang lawan lenga wangi, miwah gantal loro.
Tetulisan Arab lan Jarwane, den lebokken ing kendil tumuli, nganggo lawon putih, karya lemek iku.

Tiga bait Kidungan di atas menerangkan secara gamblang perlengkapan apa saja yang harus dimasukkan ke dalam bejana tanah bersama tembuni Sang Bayi, yaitu: garam, uang sepasang, jarum yang tajam, beras merah, gantal (sirih yang digulung dana diikat) dua ikat, kertas yang bertuliskan huruf Arab, Latin dan Jawa. Sebelumnya dipersiapkan dahulu kain mori putih secukupnya sebagai alas tembuni dan berbagai perlengkapan yang menyertainya. Kemudian minyak wangi disiramkan secukupnya, kain putih dari ujung ke ujung ditangkupkan dengan rapi, terakhir kendil ditutup dengan tutupnya.

Garam merupakan simbol kehidupan, dan nantinya si anak jika besar akan mampu 'menggarami' dunia, agar menjadi tempat yang nikmat dan enak bagi siapa saja bak rasa masakan yang lezat. Uang menggambarkan harapan, kelak nanti sang Anak tidak akan kekurangan dalam hal materi. Berjumlah sepasang, agar dalam mencari materi dia tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang disekelilingnya, tidak asal 'tabrak' dan juga agar tidak lupa bersedekah jika lebih.


Jarum yang tajam adalah gambaran pikiran yang tajam dari sang anak. Beras merah meyimpan harapan agar sang anak tidak pernah kekurangan pangan. Dipilih Beras Merah dengan maksud apa yang dimakan memberikan kekuatan dan kesehatan bagi sang bayi. Beras Merah juga menggambarkan kejujuran dalam berusaha, dan lambang keterikatan dengan keluarga. Sedang warna merah sendiri dalam budaya Jawa menggambarkan sisi keduniawian dari kehidupan. Kertas bertuliskan huruf Arab, Jawa dan Latin, dimaksudkan agar sang anak akan menjadi anak yang beragama, cerdas secara spiritual, emosi dan rasio. Gantal (sirih) menjadikan anak tumbuh sehat dan kuat, serta kelak akan mendapat jodoh yang ideal. Kesemuanya itu beserta tembuni dimasukkan kedalam mori putih, sebagai lambang kepasrahan kepada Yang Maha Esa atas segala doa dan harapan yang dibubungkan dan daya upaya yang telah dilakukan.

Selanjutnya kita simak lanjutan Kidungan di atas tersebut sebagai berikut:

(4) Kutu-kutu walang ataga sami, bareng laringong.
Kang gumremet kang kumelip kabeh, lah tunggunen gusti arsa guling sira sun opahi, jenang sungsum telu.

(5) Dandanane saking suwarga di, batok isi konyoh.
Batok tasik tapel lan pupuke, ana nggawa bokor lawan kendi, ana nggawa maning kebut wiyah payung.

(6) Widadari gumrubyung nekani pra samya amomong ana ngreksa in kanan kering.
Ana nggawa kasur lawan guling kajang sirah adi, kemul sutra alus.

(7) Benjang lamun bayi neka nangis, ingembana gupoh.
Marang latar pojok lor prenahe, pra leluhur rawuh anyuwuki, meneng aja nangis, jabang bayi turu.

Bait 4, menyatakan agar si Orang Tua membuat bubur sumsum sebagai sarana penolak segala penyakit dan bahaya. Kemudian di saat akan menananam kendil berisi tembuni, Bapak dan Ibu harus berdandan rapi seperti akan pergi ke pesta. Kendil di gendong menggunakan selendang, dan dilambari kasur kecil lengkap dengan bantal dan gulingnya, serta diselimuti sutra halus. Sang Ayah berdiri di sampingnya sambil memayungi Sang Ibu yang menggendong kendil berisi tembuni, di tangan satunya membawa kebutan.

Selanjutnya kendil tersebut dimasukkan ke dalam lubang tanah yang telah disiapkan dan ditimbun dengan rapi. Bila malam datang, tepat di atas timbunan itu diberi lampu minyak tanah (senthir), dan agar tidak mati tertiup angin ditutupi oleh kendil yang dibalik yang telah dilubangi dasarnya. Biasanya pemasangan senthir ini dilakukan minimal 35 hari (selapan) dan kadang sampai 3 bulan lamanya.

Dalam bait terakhir, dinyatakan apabila kelak sang bayi menangis terus. Maka orang tua harus menggendongnya ke pojok utara pekarangan rumahnya, dengan maksud agar para leluhur datang untuk menghibur bayi agar tenang.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment