Berita Unik Sensasional

Share on :

Berita Unik Sensasional


Bencana Hidrometeorologi Tetep Dominan dan Meningkat [ Prediksi 2013 ]

Posted: 28 Dec 2012 08:25 PM PST


JAKARTA, suaramerdeka.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan pada tahun 2013 bencana hidrometeorologi akan tetap dominan. Banjir, longsor, puting beliung, kekeringan, kebakaran lahan dan hutan, dan gelombang pasang akan mendominasi dibandingkan dengan bencana geologi, sosial dan biologi.

"Diperkirakan lebih dari 80 persen bencana hidrometeorologi akan terjadi dari total kejadian bencana selama 2013 mendatang," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (27/12).

Menurutnya, peningkatan bencana hidrometeorologi tersebut tidak lepas dari pengaruh perubahan iklim global dan antropogenik. Menurut laporan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) 2012, pemanasan global telah menyebabkan wilayah tropis meluas  hingga 18 derajat LU/LS. Secara vertikal tinggi awan-awan Cumulonimbus yang menyebabkan hujan deras juga bertambah tinggi. Sebelumnya tinggi puncak awan hanya 13 km. Tetapi sekarang menjadi 17 km. Akibatnya energi dan volumenya bertambah.
"Tidak aneh jika hujan bertambah deras dan sering terjadi. Kondisi ini diperparah dengan antropogenik yang menyebabkan daya dukung dan daya tampung lingkungan terlampuai," paparnya.

Dia menambahkan, urbanisasi, kemiskinan, pelanggaran tata ruang, pertambahan, berkurangnya resapan air, perubahan penggunaan lahan, permukiman di bantaran sungai dan di lereng perbukitan, dan lainnya menyebabkan makin rentan terhadap bencana.

"BMKG menyatakan musim penghujan normal hingga Mei 2013. Dengan melihat pola dan karakteristik hujan di Indonesia, maka diperkirakan puting beliung berpotensi hingga Maret-April 2013," katanya.


Semoga artikel di atas tentang Bencana Hidrometeorologi Tetep Dominan dan Meningkat [ Prediksi 2013 ] akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

[Semoga Tidak] Prediksi Bencana Alam di Sumut 2013

Posted: 28 Dec 2012 03:15 PM PST


Kita berdoa semoga prediksi 2013 ini tidak benar gan. Lihat [Semoga Tidak] Prediksi Bencana Alam di Sumut 2013. Mungkin kejadian - kejadian alam bisa diprediksi. Tapi semoga saja tidak akan terjadi. Seperti adanya prediksi kiamat yang sampai sekarang tidak pernah terjadi.


Oleh: M. Anwar Siregar. Potensi bencana geologi dan klimatologi di tahun 2013 semakin mengancam kondisi tata lingkungan geologi Sumut semakin intensif, sebab di wilayah Sumut terbagi dua jenis bencana yang selalu hadir setiap tahun yaitu bencana geologi dan bencana klimatologi. Potensi bencana tersebut selalu memberikan pukulan psikologis bagi bangsa setiap tahun. Titik awal bencana telah dimulai dari kejadian bencana klimatologis lebih mendominasi kejadian bencana pada tahun 2012 masih akan berlanjut ke tahun 2013. Fenomena cuaca dan iklim ektrim sudah terasa sekali dengan terjadinya musim kemarau dibeberapa daerah yang sebelumnya jarang dianggap kategori daerah musim kemarau menjadi daerah musim hujan, dua kejadian banjir besar di Sumatera Utara merupakan gambaran di tahun 2013.
Potensi Bencana Sumut

Sumatera Utara termasuk daerah paling rawan dalam menghadapi berbagai bencana, kapasitas dan kemampuan dalam mengelola kejadian bencana masih terbatas dan potensi sumber daya yang terlatih masih banyak diabaikan dan terbatas. Hal ini sangat memerlukan penangganan untuk mengantispasi kejadian bencana di masa tahun 2013 maupun di tahun-tahun mendatang.

Sebabnya, tatanan kondisi geologi Sumut berada dalam wilayah kompleksitas pergerakan relaksasi gempa bumi. Banyak terjadi anomali kerentanan di permukaan bumi sehingga selama pergerakan itu, maka dinamika kerak bumi berdenyut kuat, untuk memasuki daerah yang lebih rapuh dengan cara menekan atau bergerak, gerakannya dapat disertai adanya penerobosan material baru dari dalam bumi dan ada pergeseran lempengan. Contohnya letusan gunung api Sinabung. Bangunan yang berada diatasnya ikut bergeser oleh tekanan dan regangan, berakhir pada kehancuran bangunan karena berada di daerah rawan bencana terutama 85 persen tata ruang kota di Sumut diidentifikasi berada di daerah rawan bencana gunungapi, tsunamis, gerakan tanah, gempa, banjir, banjir bandang serta angin puting beliung.

Kondisi anomali gempa ini dapat membahayakan kehidupan masyarakat di Sumatera Utara yang harus diperhitungkan pada tahun ke depan. Pergeseran terekam dari gambar-gambar satelit yang menunjukkan, bahwa telah terjadi pergeseran lempengan-lempengan bumi di dasar laut di bagian utara Sumatera Utara terutama di patahan gempa Nias dan Simeulue sehingga pola letak daratan juga ikut bergeser, sehingga akan ada perubahan kondisi dinamika geoteksnis stratigrafi tanah dan kerak batuan yang menyebabkan gerakan tanah dan perubahan tata ruang air tanah.

Yang perlu diingat oleh masyarakat Sumut adalah bahwa posisi lempengan samudera saat ini dalam kondisi menekan kuat pada patahan Sumatera Utara dari hari ke hari sampai melampaui kekuatan batuan yang merekatkan bumi di barat dan timur jalur patahan ini. Pada saat itulah terjadi gempa besar dimana akumulasi tekanan akan dilepaskan tiba-tiba menyebabkan bumi di bagian barat bergerak tiba-tiba ke arah utara ke sebagian wilayah Tapanuli serta ke baratdaya Nias dan di bagian timur bergerak ke arah selatan dan timurlaut menuju daratan Tanah Melayu di sepanjang daratan Bukit Barisan. 

Jenis Ancaman

Sebab utama sebagai negeri bencana adalah bahwa wilayah tata ruang kota di Sumut dapat dikatakan pada kondisi yang sangat rentan bencana geologi dan klimatologi karena memang sudah tinggi, ditambah persentase kawasan terbangun dengan laju yang sangat pesat berbanding dengan keterbatasan perencanaan lahan. Kepadatan bangunan tidak bersinergi dengan kemampunan daya dukung ekologi tanah lingkungan maupun tingkat kerentanan sosial dengan kepadatan penduduk yang padat dengan laju peningkatan yang sangat tinggi.

Potensi ancaman gempa bumi dan tsunami yang mengancam Sumatera Utara antara lain Gempa Mentawai, patahan gempa Nias, patahan gempa Simeulue, patahan gempa Nikobar-Andaman, gempa patahan daratan  Tanah Karo, Tapsel, Madina, Langkat, Dairi, Humbahas dan Simalungun.

Akibat dari perubahan dan pergeseran posisi lempengan akan menimbulkan gerakan tanah lambat yang mematikan berada di wilayah Tabagsel dan gerakan tanah cepat oleh aktivitas manusia dapat menyebabkan gerakan tanah atau longsoran, baik diposisi sepanjang jalinsum maupun diareal pertambangan di sekitar pemukiman memiliki potensi gerakan tanah menahun banyak ditemukan dibeberapa kota di Tapanuli dan Nias, serta gerakan tanah oleh kombinasi antara akitivitas gempa vulkanik dan non alam atau juga buatan manusia disekitar kawah daerah Kawasan Rawan Bencana gunungapi di Bukit Barisan Daratan Karo, Madina, Taput, Palas, Paluta dan Tapsel. 

Selain itu, Sumut masih menghadapi ancaman bencana gunung api yang sewaktu-waktu meletus dan mungkin juga akan ada gunung api naik setelah lama berstatus malas bekerja. Gunungapi di Sumut antara lain Sinabung, Sibuali-buali, Sibayak, Hella Toba, ataupun Lubuk Raya. Sedangkan potensi ancaman banjir dapat dilihat dari fenomena pemanasan global dan bukan lagi menjadi isu, tetapi dampak dari hal tersebut sudah dirasakan secara langsung sehingga telah banyak upaya dilakukan untuk mengurangi dampak pemanasan global, salah satunya adalah menanam satu pohon satu orang pada hari lingkungan yang lalu.

Salah satu dampak penyebab fenomena pemanasan global adalah emisi kendaraan dan emisi polutan sumber-sumber energi yang banyak ditemukan di Sumut. Meningkatnya temperatur global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya muka air laut, meningkatnya intensitas kejadian cuaca ekstrim serta perubahan jumlah dan pola presitipasi (curahan air hujan, es atau salju), dapat memberikan dampak bagi wilayah kepulauan di Sumatera Utara memiliki potensi ancaman bencana klimatologi. Daerah dalam ancaman ini adalah Kota Medan, Sibolga, Gunung Sitoli, kota-kota di Nias dan diwilayah pesisir pantai timur Sumut.

Tidak Boleh Diabaikan

Menyusul banyaknya gempa dalam satu dasawarsa serta peningkatan kenaikan suhu bumi, Sumut membutuhkan banyak upaya dalam mengendalikan kerusakan berbagai sarana infrastruktur salah satu adalah mengupayakan tata ruang  dan bangunan tahan gempa. Hal ini penting untuk mengurangi jumlah korban. 

Untuk daerah gempa, penataan tempat dan kepadatan permukiman serta konstruksi bangunan yang aman menjadi faktor prioritas utama. Pengetahuan masyarakat soal ini perlu disosialisasikan terus menerus, ada beberapa hal sepele masih dianggap tidak penting bagi perilaku masyarakat dan menjadi budaya di beberapa daerah rawan gempa misalnya tempat penyimpanan barang, yang berat kadang ditempatkan disekitar rumah tempah keluarga berkumpul. Ini hanyalah satu yang memerlukan penagganan mitigasi yang profesional.

Selain itu, sosioalisasi bencana salah satu upaya yang belum merupakan budaya kehidupan sehingga bencana di Sumatera Utara dan Indonesia tergolong besar dibandingkan negara lain yang lebih maju dalam mitigasi bencana. Yang tidak boleh lagi diabaikan setelah faktor tersebut diatas adalah mitigasi bagi sumber daya manusia dalam memperkecil resiko bencana, sebab Sumatera Utara memiliki wilayah yang sangat luas dan memerlukan penangganan bencana yang sangat beragam, tersedianya sumber daya manusia berupa tenaga-tenaga yang terlatih yang bisa menjadi alat dalam mengurangi resiko dari dampak bencana. Tanpa sumber daya manusia yang terlatih maka akan percuma segala sistim peringatan dini yang sudah tersedia.

Strategi yang dapat mengurangi resiko bagi daerah yang rawan bencana dengan kondisi peralatan yang masih minim adalah memberikan pelatihan dan pengetahuan peralatan dan survival SDM bagi Tim SAR daerah secara berkala dalam tiap tahun, pelatihan sosialisasi dan penyuluhan bagi guru dalam menyebarkan pengetahuan dan informasi daerah rawan bencana dilokasi bertugas selama dua semester dalam setahun, pelatihan sistim manajemen dan komunikasi bagi kalangan SDM profesional dan aparatur dalam menata tata sistim komunikasi dilakukan empat triwulan dalam setahun sehingga tidak ditemukan kerancuan informasi seperti yang kita lihat pada sejarah kebencanaan di Sumatera Utara yang telah lewat lalu wajib dipraktekan setiap dua bulan sekali sehingga masyarakat Sumut akan seperti masyarakat Jepang yang terbiasa berlatih dan tangguh menghadapi bencana universal. ***

Penulis adalah Geolog, Pemerhati masalah lingkungan dan geosfer, sumber


Semoga artikel di atas tentang [Semoga Tidak] Prediksi Bencana Alam di Sumut 2013 akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Apa saja 10 Hal Yang Tidak Bisa Dibeli Dengan Uang ?

Posted: 28 Dec 2012 01:00 PM PST

Jangan mengira bahwa segala sesuatu bisa dibeli dengan uang di zaman yang serba uang ini ? Anda harus baca Apa saja 10 Hal Yang Tidak Bisa Dibeli Dengan Uang ?


Uang, siapun butuh uang. Orang Dewasa, Remaja bahkan anak – anak kecil sekalipun kenal dengan benda yang namanya uang. Memang uang penting dalam kehidupan, tanpa alat tukar ini kita tidak mukin bisa memenuhi kebutuhan hidup. Uang membuat sebagian orang bisa melakukan banyak hal daripada orang yang tidak memilikinya. Tetapi seberapapun pentingnya uang, masih ada hal yang tidak bisa dibeli dengan uang.

Waktu

Uang tidak akan bisa mengembalikan waktu yang telah berlalu. Setelah hari berganti, maka waktu 24jam tersebut akan hilang dan tidak akan mukin akan kembali lagi. Karena itu gunakan setiap kesempatan yang ada untuk menytakan perhatian dan kasih sayang anda kepada orang yang sangat anda sayang dan anda cintai, sebelum waktu itu berlalu dan anda menyesalinya. 

Kebahagiaan

Memang kedengarannya aneh, Tetapi inilah kenyataannya. Uang memang bisa membuat anda merasa 

senang karena anda bisa membiayai liburan mewah, memberi laptop dengan fasilitas yang sangat modern, atau modifikasi mobil balap. Tapi uang tidak bisa menghadirkan secercah kebahagiaan dari dalam lubuk hati kita.

Kebahagiaan Anak

Untuk membelikan makan dan pakaian yang bagus – bagus untuk anak tercinta memang membutuhkan uang. Tapi anda tidak bisa menggunakan uang untuk memberi rasa aman, tanggung jawab, sikap yang baik serta kepandaian pada anak anda. Hal ini merupakan buah dari waktu dan perhatian yang anda curahkan untuk mereka dan hal – hal baik yang anda ajarkan. Uang memang membantu kita memenuhi aspek pengasuhan, tapi waktu telah membuktikan bahwa kebutuhan dasar tiap anak adalah berapa banyak waktu yang diberikan orangtuanya, bukan orangnya.

Cinta

Cinta tidak bisa dibeli dengan uang, akuilah hal ini benar. Memang dengan uang kita bisa membuat orang tertarik, tapi cinta berasal dari rasa saling menghargai, perhatian, berbagi pengalaman dan kesempatan untuk berkembang bersama. Itu sebabnya banyak pasangan yang menikah karena uang, tak bertahan lama.

Penerimaan

Untuk diterima oleh lingkungan pergaulan, Anda tak butuh uang. Bila Anda ingin diterima, fokuskan energi Anda untuk membuat diri Anda berharga bagi lingkungan sekitar dengan menjadi teman dalam suka dan duka.

Kesehatan

Kita butuh uang untuk mengongkosi biaya perawatan dan membeli obat, tapi uang tak bisa menggantikan kesehatan yang hilang. Itu sebabnya pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati sebaiknya kita terapkan. Mulailah berolahraga, berhenti merokok, dan banyak hal lain yang pasti sudah Anda tahu.

Kesuksesan

Beberapa orang memang ada yang mencapai kesuksesan dengan menyuap, tapi ini adalah pengecualian. Kesuksesan hanya berasal dari kerja keras, kemauan, dan sedikit kemujuran. Ada aspek kecil dari usaha menuju sukses yang bisa didapatkan dengan uang, misalnya mengikuti pelatihan atau membeli peralatan, tapi sukses lebih banyak berasal dari usaha yang Anda lakukan sendiri.

Bakat

Kita dilahirkan dengan bakat tertentu. Dengan uang, yang bisa kita lakukan adalah mengasah bakat tersebut, misalnya belajar musik. Namun para ahli mengatakan, untuk menjadi ahli di bidangnya, kita membutuhkan bakat.

Sikap yang baik

Banyak orang yang kaya raya tapi sikapnya kasar dan ucapannya sinis. Tak sedikit orang sederhana yang tutur katanya sopan dan menunjukkan rasa hormat pada orang lain. Jadi, jumlah uang yang dimiliki bukan penentu sikap atau manner seseorang.

Kedamaian

Bila uang bisa membeli kedamaian, barangkali kita tak lagi mendengar tentang perang. Justru yang sering terjadi sebaliknya, uang lah yang menjadi sumber pertikaian dan permusuhan.

sumber: http://adesholaeman36.wordpress.com/2010/04/30/10-hal-yang-tidak-bisa-dibeli-dengan-uang


Semoga artikel di atas tentang Apa saja 10 Hal Yang Tidak Bisa Dibeli Dengan Uang ? akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Cari Tempat untuk Libur Tahun Baru yang Sepi? Ini Tempatnya!

Posted: 28 Dec 2012 12:11 PM PST

Cari Tempat untuk Libur Tahun Baru yang Sepi? Ini Tempatnya! 



Liburan akhir tahun pasti membuat tempat-tempat liburan menjadi ramai oleh banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Namun tidak dengan tempat-tempat berikut ini, yang cukup sepi di akhir tahun.

Simak ulasan tempat yang jarang dikunjungi wisatawan untuk berlibur saat liburan musim dingin tahun berikut ini, seperti dikutip dari okezone:

Semenanjung Peninsula, Washington

Semenanjung Olympic terkenal setelah meledaknya film hollywood 'Twilight' di kalangan anak muda. Semenanjung ini terkenal dengan udara dingin dan juga olahraga musim dinginnya sepertikayaking, snowshoeing, hiking dan juga bermain ski.

Pengunjung juga ditantang untuk merasakan sisi liar Olympic, dengan menjelajahi hutan-hutan dan melihat rusa besar Roosevelt yang masih liar.

Paris, Prancis

Berkunjung di Paris pada musim dingin, dapatkan harga yang lebih murah dan juga turis yang lebih sepi sehingga Anda dapat lebih puas menikmati kota ini. Dari akhir November hingga awal Januari, kota ini juga ditutupi cahaya lampu yang cantik di jalan-jalan dan juga pohon natal yang ditaruh di taman. Musim dingin juga merupakan waktu bagi banyak pameran kesenian oleh Matisse, Cezanne, Picasso, Frida Kahlo, dan Edvard Munch.

Bermuda, Karibia

Nikmati kehidupan bagai surga di Kepulauan Karibia ini. Bermuda, yang terletak di bagian utara karibia menawarkan udara musim dingin yang hangat dan banyak aktifitas menyenangkan seperti golf dan hiking. Selain itu, banyak event-event akhir dan awal tahun yang menarik di Bermuda, seperti The Bermuda Marathon dan Festival Seni Bermuda serta juga Tur melihat paus di Bermuda.

Napa Valley, Amerika Serikat

Napa Valley memiliki kebun anggur yang luas dan terkenal yang kemudian diproduksi menjadi wine yang mewah. Musim dingin adalah musim cabernet dan merupakan saat yang tepat untuk menghangatkan tubuh dengan meminum wine Napa Valley yang terkenal.

Selain itu, pada akhir tahun kebun-kebun anggur ini berubah warna menjadi kuning sehingga seluruh bukit diselimuti warna kuning keemasan dan sangat indah dipandang.

Vermont

Selain menawarkan banyak olahraga musim dingin dan juga pondok-pondok musim dingin yang hangat, Vermont juga memiliki aktivitas musiman seperti pasar musim dingin, dan juga festival coklat di Norwich. Sumbernya

Semoga artikel di atas tentang Cari Tempat untuk Libur Tahun Baru yang Sepi? Ini Tempatnya! akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Inilah 5 Bandara Indonesia Menuju Kelas Dunia

Posted: 28 Dec 2012 11:00 AM PST


Semua negara menempatkan sektor transportasi sebagai salah satu sektor yang prioritas dan perlu berbagai upaya untuk proses pengembangannya, termasuk Indonesia.

Kondisi demografi Indonesia yang berbentuk kepulauan membuat pemerintah mengandalkan sarana transportasi udara sebagai solusi untuk keterhubungan antar wilayah.

Rendahnya tingkat keterhubungan antar wilayah di Indonesia menjadi masalah distribusi logistik di wilayah-wilayah terluar, sehingga pertumbuhan perekonomian pun menjadi terhambat.

Pengembangan dan pembangunan bandara baru adalah jawaban untuk meningkatkan kualitas infrastruktur transportasi di dalam negeri.

Industri penerbangan nasional memang tengah menggeliat di tengah semakin kuatnya perekonomian nasional dan makin besarnya kelompok masyarakat kelas menengah. Kelompok masyarakat ini mulai menjatuhkan pilihan pada transportasi udara manakala ingin berpergian ke luar pulau, bahkan luar kota.

Untuk mendukung makin tingginya geliat industri penerbangan nasional, otoritas bandara, dalam hal ini PT Angkasa Pura II dan Angkasa Pura I pun mulai berbenah diri. Otoritas bandara berlomba-lomba mempercantik bandara lama sekaligus menghadirkan beberapa bandara baru pada tahun ini.

PT Angkasa Pura II (AP II) berencana mengembangkan bandara yang dikelolanya untuk menjadi perusahaan world class company atau bandara berkelas dunia. Fokus utama AP II adalah meningkatkan kapasitas terminal penumpang, berikut segala fasilitas penunjang lain seperti apron, runway, serta aksesibilitas. Dari semua itu, hanya ada satu target utama, yaitu terpenuhinya standar kualitas pelayanan terhadap pengguna jasa.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku mempunyai mimpi 'menyulap' bandara di Indonesia benar-benar menjadi bandara berkelas internasional layaknya bandara-bandara di Amerika seperti Bandara Internasional John F Kennedy atau Bandara Internasional Los Angeles. Minimal, sekelas bandara internasional Hongkong.

Pemerintah memperhitungkan, investasi yang dibutuhkan untuk membangun satu bandara baru mencapai Rp 50 miliar. Pendanaan tersebut setidaknya untuk keperluan pengerjaan 2 hingga 3 tahun.

Tahun ini, beberapa bandara di Indonesia mulai dibangun dan dikembangkan. Langkah ini sebagai bagian dari merealisasikan keterhubungan antar wilayah di Indonesia. Berikut beberapa bandara ternama di Indonesia yang baru lahir maupun yang tengah dipercantik pada tahun ini.

1. Bandara Kuala Namu
Bandara ini digadang-gadang sebagai bandara tercanggih dan akan menggantikan Bandara Polonia, Medan. Bandara Kuala Namu terletak di atas lahan seluas 1.365 ha dan akan memiliki terminal penumpang seluas 86,000 m2.

PT Angkasa Pura II (AP II) menargetkan Bandara Kuala Namu yang terletak di Deli Serdang, Sumatera Utara ini resmi beroperasi tahun depan. Pengerjaannya pun saat ini sudah hampir rampung. Bandara ini diharapkan bisa menampung 8,1 juta penumpang per tahun.

Bandara Kuala Namu bakal memiliki dua landasan pacu (runway) dan landasan parkir pesawat (apron) seluas 30 hektare (ha) dengan kapasitas maksimal 33 pesawat. Bandara ini juga akan memiliki Terminal kargo seluas 13.000 meter persegi dengan kapasitas parkir tiga pesawat setiap harinya.

Untuk akses, bandara Kuala Namu dilengkapi dengan sepuluh gerbang masuk dan didukung oleh akses jalan tol dan kereta api khusus bandara.

Otoritas bandara membutuhkan dana besar untuk menghadirkan bandara Kuala Namu. Angkasa Pura II selaku operator bandara membutuhkan dana Rp 4,74 triliun, di mana Rp 1,81 triliun diperoleh dari kas perseroan, sisanya dari APBN sebesar Rp 2,93 triliun.

2. Bandara Ngurah Rai
Bandara Ngurah Rai, Bali adalah pintu masuk terbesar wisatawan asing ke Indonesia. Namun, kapasitas dan kualitasnya kerap dikeluhkan wisatawan. Maka, terhitung mulai 22 Desember 2012, para penumpang penerbangan domestik pesawat dari bandara Ngurah Rai akan dipindahkan ke terminal darurat 

Terminal darurat ini hanya bersifat sementara karena terminal yang lama akan dirombak dan dijadikan terminal baru.

Semua layanan di bandara baru nantinya akan ditempatkan sementara di tempat darurat sebelum bandara permanen yang baru selesai. Tempat darurat ini nantinya akan menjadi tempat kedatangan penumpang yang sekarang dipinjamkan untuk pemberangkatan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menargetkan pembangunan bandara baru Ngurah Rai akan rampung pada Mei 2013. Setelah selesai, bandara ini digadang-gadang akan mengalahkan teknologi bandara Soekarno Hatta, bahkan akan memenuhi standar Amerika. Semisal peralatan untuk bagasi.

Bandara baru Ngurah Rai ini nantinya akan menggunakan konsep modern yang masih tetap mempertahankan sentuhan arsitek khas Bali. Selain itu bandara baru Ngurah Rai yang merelokasi bandara lama ini akan diperbesar antara lain terminal domestik akan diperbesar sebanyak 2 kali lipat luas saat ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Tommy Soetomo mengatakan, dalam pengerjaannya, proyek pengembangan bandara ini dibagi menjadi tiga paket untuk memudahkan mengetahui perkembangannya. Paket pertama terdiri dari area parkir sementara, jalan akses permanen, gerbang tol sementara, shelter dan koridor, serta gedung kargo internasional. Biaya pembangunan bandara tersebut dikatakan mencapai Rp 2,6 triliun.

Paket kedua terdiri dari gedung terpadu, gedung parkir, kompleks sekolah, promenade, dan Aerofood Catering Service (ACS). Kompleks sekolah untuk siswa taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah pertama sudah selesai 100 persen. Sementara paket ketiga adalah inti dari seluruh pengembangan bandara, yaitu pembangunan terminal internasional.

3. Bandara Kalimarau
Jumlah penumpang pesawat tujuan Kabupaten Berau meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah penumpang rata-rata mencapai 800-1.000 orang per hari.

Sadar dengan kondisi tersebut, Bandara Kalimarau pun mulai berbenah diri. Bandara yang dalam pengembangannya didanai dengan APBD Kabupaten Berau senilai Rp 450 miliar ini resmi beroperasi awal Desember 2012.

Bandara Kalimarau memiliki panjang landasan pacu 2.250 meter dengan lebar 30 meter dilengkapi dengan 2 garbarata. Rencananya, lebar landasan pacu akan ditambah 45 meter. Sejumlah maskapai penerbangan nasional telah mendarat di Bandara Kalimarau. Sebut saja maskapai Batavia Air, Sriwijaya Air, Trigana Air dan Kalstar.

Untuk jenis pesawatnya pun beragam mulai ATR-42 hingga pesawat berbadan lebar jenis Boeing yakni 737-200, 737-300 hingga Boeing 737-500.

4. Bandara Marinda Raja Ampat
Tahun ini, ada kabar gembira dari ujung timur Indonesia. Kawasan wisata Raja Ampat, Papua Barat memiliki bandara. Kehadiran bandara ini diyakini akan mempermudah dan semakin menarik minat wisatawan menjelajah wilayah ini.

Bertepatan dengan ulang tahun Kabupaten Raja Ampat yang ke-9 pada Mei 2012 lalu, bandara yang bernama Bandara Marinda ini diresmikan.

Bandara Marinda diresmikan oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan dan Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi.

Landasan pacu Bandara Marinda yang saat ini sepanjang 1.200 meter nantinya akan diperpanjang hingga 2.000 meter. Dengan tujuan nantinya pesawat berbadan lebar bisa mendarat di bandara ini.

Sejauh ini, Bandara Marinda baru bisa didarati oleh pesawat jenis ATR-42, DHC-7, Cassa 212, pesawat Hercules 130, dan ATR-72.

5. Bandara Soekarno Hatta
Salah satu bandara internasional yang dipercantik adalah Bandara Soekarno Hatta. Pengembangan dan perluasan bandara ini tidak bisa ditawar lagi. Sebab, bandara ini menyandang predikat sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia. 

baca sambungannya di sumber..... karekter tidak mencukupi Sumbernya


Semoga artikel di atas tentang Inilah 5 Bandara Indonesia Menuju Kelas Dunia akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Yuk lihat 8 Kebun Binatang Terbesar di Dunia

Posted: 28 Dec 2012 10:00 AM PST


Rekan serunique.com, Yuk lihat 8 Kebun Binatang Terbesar di Dunia . Kebun binatang adalah salah satu tempat wisata favorit keluarga. Anda bisa rekreasi sekaligus wisata edukasi bersama anak tercinta. Inilah 8 kebun binatang terbesar di dunia. Penasaran?

Besar atau kecilnya sebuah kebun binatang bukan hanya diukur oleh luasnya saja. Perhitungan ini memasukkan unsur banyaknya hewan dan jumlah spesies yang hidup di kebun binatang tersebut. Dari situs Touropia yang dikutip detikTravel, Kamis (27/12/2012), inilah hitung mundur 8 kebun binatang terbesar di dunia:

8. Columbus Zoo and Aquarium, AS

Columbus Zoo and Aquarium berlokasi di sebelah utara Kota Columbus, Ohio, AS. Kebun binatang ini adalah rumah bagi lebih dari 5.000 hewan, 700 spesies berbeda yang berasal dari berbagai belahan dunia. Mulai 2004 lalu, kebun binatang ini memperluas wilayahnya menjadi 37 hektar. Selanjutnya, akan diperluas sekitar 40 hektar lagi termasuk area khusus hewan kutub dan savana ala Afrika.

7. Moscow Zoo, Rusia

Dibuka pada 1864, Moscow Zoo adalah salah satu kebun binatang tertua di Eropa. Kebun binatang ini punya koleksi 6.000 hewan dari 927 spesies berbeda. Luas areanya 21,5 hektar. Inilah kebun binatang terbesar di Rusia.

6. San Diego Zoo, AS

San Diego Zoo di Kota San Diego, California, adalah salah satu kebun binatang paling terkenal di dunia. Koleksi hewannya berjumlah 4.000 dengan lebih dari 800 spesies berbeda. Kebun binatang seluas 40 hektar ini mayoritas berada di luar ruangan. San Diego Zoo juga aktif dalam upaya konservasi hewan.

5. Toronto Zoo, Kanada

Berlokasi di Kota Toronto, Kanada, kebun binatang ini sangat luas yakni 287 hektar. Toronto Zoo adalah kebun binatang terbesar di Kanada. Ada 16.000 hewan dengan lebih dari 491 spesies berbeda. Hewan-hewan ini terbagi menjadi 7 area berdasarkan asal geografis: Indo-Malaya, Afrika, Amerika, Tundra Trek, Australasia, Eurasia, dan Kanada.

4. Bronx Zoo, AS

Dibuka pada 1899, Bronx Zoo di New York merupakan yang terbesar di AS. Luasnya 107 hektar, mencakup area dalam dan luar ruangan. Kebun binatang ini adalah rumah bagi 4.000 hewan dari 650 spesies berbeda, banyak di antaranya yang terancam punah. Area dibagi berdasarkan spesies seperti World of Birds dan World of Reptiles dan asal geografis seperti African Plains dan Wild Asia.

3. Beijing Zoo, China

Kebun binatang ini dibuka pada masa Dinasti Qing, tahun 1906. Beijing Zoo di Kota Beijing adalah salah satu kebun binatang dengan koleksi hewan terbanyak di China. Bayangkan saja, ada lebih dari 14.500 hewan, 450 spesies hewan darat dan 500 spesies hewan laut. Beijing Zoo menempati area seluas 89 hektar. Atraksi utama di sini, tentu saja hewan endemik China yakni panda raksasa!

2. Berlin Zoological Garden, Jerman

Dibuka pada 1844, Berlin Zoological Garden (Zoologischer Garten Berlin) adalah kebun binatang tertua sekaligus paling terkenal di Jerman. Kebun binatang yang berlokasi di Tiergarten, Kota Berlin, ini mempunyai luas 34 hektar. Ada lebih dari 1.500 spesies berbeda, dengan 17.000 hewan di dalamnya. Ya, ini adalah kebun binatang dengan koleksi hewan terbanyak di dunia! Beberapa penghuninya yang terkenal adalah Bao Bao si panda raksasa dan Knut si beruang kutub.

1. Henry Doorly Zoo, AS

Kebun binatang ini adalah tempat wisata yang paling diminati di Kota Omaha, Negara Bagian Nebraska, AS. Luasnya 53 hektar, dengan lebih dari 17.000 hewan dari 962 spesies berbeda. Memang ada beberapa kebun binatang yang lebih besar dari ini, tapi dari kombinasi luas dan banyaknya hewan, Henry Doorly Zoo menempati urutan pertama kebun binatang terbesar di dunia. Henry Doorly Zoo juga punya rawa-rawa dalam ruangan yang terbesar di dunia, gurun pasir dalam ruangan terbesar di dunia, juga kubah kaca yang juga terbesar di dunia. Sumbernya


Semoga artikel di atas tentang Yuk lihat 8 Kebun Binatang Terbesar di Dunia  akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

[Subhanallah] 10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Beberapa Waktu Belakangan

Posted: 28 Dec 2012 09:19 AM PST




1. Pohon Jaring Laba-Laba - Pakistan

Fenomena ini adalah efek dari banjir besar yang menggenangi seperlima bagian dari Pakistan. Di luar dugaan, jutaan laba-laba merangkak ke atas, dan mengubah pohon-pohon menjadi semacam kepompong sebagai tempat perlindungan.

Selain itu, jaring laba-laba raksasa juga pernah ditemukan terjadi di Texas. Para ahli telah mempelajari lebih dari 240 spesies, dan telah berhasil mengidentifikasi 12 jenis laba-laba yang dapat membuat jaring yang sangat besar ini.






2. Badai Pasir - Phoenix, Amerika Serikat

Badai debu besar yang sangat hebat ini menelan Phoenix pada tahun 2011. Pasir-pasir tersebut berasal dari Tucson dan tersebar seluas kurang lebih 80 kilometer. Tinggi badai ini mencapai 3000 meter sebelum sampai Phoenix.

Badai pasir sebenarnya adalah fenomena meteorologi yang umum di Arizona. Namun penduduk setempat dan para peneliti mengatakan, badai yang terjadi 5 Juli ini luar biasa. Ukuran badai dan jumlah debu yang terangkat sangat besar.





3. Puting Beliung Air - Australia

Empat buah puting beliung air tertangkap kamera terjadi di lepas pantai Australia pada Mei 2011 lalu. Fenomena alam ini membuat takjub penduduk setempat yang beberapa di antaranya telah tinggal selama lebih dari 45 tahun di kawasan tersebut.

Mereka yang tinggal di sana mengaku belum pernah melihat puting beliung air seperti ini sebelumnya. Keempat puting beliung air tersebut mencapai ketinggian hampir 700 meter. Wow! Sungguh menakjubkan!







4. Pusaran Air - Pelabuhan Oarai, Jepang

Pusaran air yang sangat besar muncul di lepas pantai timur Jepang pasca tsunami. Pusaran di dekat pelabuhan Oarai yang berlangsung beberapa jam ini terjadi karena interaksi antara arus yang deras, keadaan geologi dari garis pantai dan dasar laut.

Pusaran air seperti ini sangat umum terjadi ketika tsunami. Beberapa pusaran air yang paling terkenal dan kuat adalah Moskstraumen (juga dikenal sebagai pusaran air Lofoten), Saltstraumen, Corryvreckan dan pusaran air Old Sow.




5. Salju di Gurun - Gurun Namibia, Afrika

Kondisi daerah ini kering selama lebih dari 50 juta tahun. Gurun Namib dianggap oleh para ahli sebagai padang pasir tertua di dunia. Tiba-tiba, salju turun di tanah kering Namibia, yang tentu saja merupakan peristiwa sangat langka.

Statistik menunjukkan bahwa salju menyelimuti Gurun Namib setiap sepuluh tahun. Salju langka tersebut terakhir terjadi pada Juni tahun 2011 silam yang jatuh pada siang hari, dari pukul 11 pagi sampai sore hari.




6. Pantai Cappuccino - Lancashire, Inggris

Pada Desember 2011, resor tepi laut Cleveleys, Lancashire diselimuti dengan busa yang menurut para ahli, berasal dari molekul lemak dan protein yang akibat penguraian makhluk laut kecil (phaeocystis).

Busa ini diperkirakan terbentuk ketika angin kencang menyapu sisa-sisa yang penguraian tersebut. Sisa-sisa penguraian ini memang diketahui dapat berperan sebagai senyawa penghasil busa.




7. Tornado Api - Brasil

Fenomena langka yang satu ini dikenal sebagai 'tornado api'. Kejadian ini berhasil diabadikan di Aracatuba, Brasil beberapa tahun yang lalu. Kombinasi mematikan suhu tinggi, angin kencang, dan kebakaran hutan adalah penyebab pusaran api ini.



8. Abu Vulkanik yang Menyelimuti Danau Nahuel Huapi - Argentina

Letusan gunung berapi Puyehue, di Osorno, Chili Selatan, menyebabkan fenomena luar biasa bagi negara tetangganya, Argentina. Angin timur laut meniup abu vulkanik, sehingga beberapa bagian dari Danau Nahuel Huapi ditutupi oleh lapisan tebalnya.

Tidak seperti abu sisa pembakaran kayu atau material lain, abu vulkanik yang ini terdiri dari partikel batuan kaca dan partikel bebatuan lainnya, sehingga sangat kasar dan keras. Lebih buruk lagi, abu vulkanik ini tidak dapat larut di dalam air.



9. Suara Laut Hitam yang Membeku - Ukraina

Laut Hitam di Ukraina membeku dan menyebabkan lapisan es menutupi permukaannya. Bukan fenomena bekunya air yang menjadi fokus utama di sini, melainkan adalah suaranya.

Bisa membayangkan bagaimana bunyi laut yang membeku ini? dalam video ini, Anda bisa mendengar suara seperti kuku yang menggaruk papan tulis...




10. Asap Laut - Laut Hitam, Rumania

Sinar matahari yang hangat dapat membuat tanah lembab mengeluarkan uap airnya. Begitu pula dengan danau, laut atau samudra, jika udara di atasnya cukup dingin.

Fenomena ini biasanya disebut kabut uap (jika terjadi di atas air tawar) atau asap laut (jika terjadi di atas air asin). Dan gambar menakjubkan ini diambil di Rumania, saat asap laut naik sangat indah di atas Laut Hitam. Sumbernya


Semoga artikel di atas tentang [Subhanallah] 10 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Beberapa Waktu Belakangan akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Seperti apa Lokasi Dasar Laut Terdalam ?

Posted: 28 Dec 2012 08:11 AM PST

Challenger Deep, nama itu disematkan karena kedalaman dasar laut mencapai 11 kilometer. Letaknya di palung Marina, di antara Kepulauan Marina, Pasifik Barat. Pada peta, kepulauan ini dekat dengan Papua, Filipina, dan Jepang.
11 kilometer merupakan penunjuk betapa dalamnya Challenger Deep. Seandainya gunung tertinggi di dunia, Mt. Everest dipindahkan ke dasar ini maka akan tenggelam. Gunung tertinggi itu hanya 8,8 kilometer. Masih tersisa 2,2 kilometer yang ditutupi air laut. Sudah bisa membayangkan betapa dalamnya, kan? Seperti yang dilansir apakabardunia.


Palung Marina terbentuk akibat lempeng samudera terdorong oleh lempeng benua sehingga menyebabkan retakan yang mendalam. Begitu jauhnya dasar di palung ini, tentu cahaya matahari tak bisa menembus. Akibatnya Challenger Deep begitu gelap gulita. Ikan yang hidup di wilayah ini telah beradaptasi dan menghasilkan bentuk yang berbeda seperti contohnya flatfish dan cacing polychaete.
Challenger Deep pertama kali dijelajahi tanggal 23 Januari 1960 saat kapal selam Bathyscaphe Trieste yang diawaki Jacques Picard dan Letnat Don Walsh meluncur ke bawahnya. Mereka membutuhkan waktu 5 jam sebelum akhirnya mencapai dasar. Tekanan yang begitu hebat dan persediaan oksigen hanya memberi waktu 20 menit bagi Picard dan Walsh bertahan di dasar.


Di tahun 1995, Jepang mengirimkan Kaiko, robot penyelidik lautan yang menjadi rekor pencapaian sebuah mesin tak berawak ke dasar Challenger Deep. Kaiko menjadi pioner untuk ekspedisi robot di tahun-tahun selanjutnya.

Rekor terakhir yang dicatat adalah aksi James Cameron, seorang sutradara asal Kanada yang berhasil menyelam solo dalam kapal selam mini Deepsea Challenger pada 26 Maret 2012. Kemajuan teknologi membuat perjalanan Cameron jauh lebih cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga dasar palung. Sumbernya

Semoga artikel di atas tentang Seperti apa Lokasi Dasar Laut Terdalam ? akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

[ Unik ] }Wanita Ini Menyusui Monyet dengan P4yudaranya Sendiri

Posted: 28 Dec 2012 07:03 AM PST

[ Unik ] }Wanita Ini Menyusui Monyet dengan P4yudaranya Sendiri. Aneh atau lucu ya gan. Seorang manusia [ wanita ] menyusui seekor hewan yang kita kenal dengan Monyet

Seorang wanita asal Nanyang, Provinsi Henan, Cina, rela menyusui monyet lewat payudaranya sendiri. Bahkan tak hanya satu, tapi ada banyak bayi monyet yang Ia susui.



"Terkadang, beberapa bayi monyet naik ke tempat tidur kami di malam hari untuk menyusu, aku merasa mereka seperti anak-anak ku," ungkap Jiao Xinzhen yang kini tengah berusia 27 tahun, seperti dikutip Digital Spy.

Xinzhen memang sudah menikah, dan bayi-bayi monyet yang sering menyusu padanya adalah para siswa dari sekolah pelatihan monyet yang didirikan oleh suaminya, Huang Aiqing.

Saking senangnya dengan monyet, Ia dan istri bahkan mengadopsi salah satu monyet dari akademinya untuk menjadi teman bermain bagi sang anak, Ti.

Pria 34 tahun itu memang cukup terkenal diwilayahnya dalam jasa perekrutan monyet-monyet muda untuk dipekerjakan di film, sirkus, teater, pertunjukan jalanan, dan sebagainya. Sumbernya


Semoga artikel di atas tentang [ Unik ] }Wanita Ini Menyusui Monyet dengan P4yudaranya Sendiri akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Kumpulan FOTO: Geng Motor Indonesia Zaman Belanda

Posted: 28 Dec 2012 05:52 AM PST

Kalau menurut saya sich sangat unik. He he he. Langsung tengok aja gan Kumpulan FOTO: Geng Motor Indonesia Zaman Belanda. Beda banget ya dengan yang sekarang yang serba mewah dan penuh kriminal. Lah kalau zaman dulu seperti berita di bawah tentang Geng Motor Indonesia Zaman Belanda.

Kasus kejahatan oleh Geng Sepeda Motor akhir-akhir ini sangat meresahkan masyarakat. Siapa pun yang terlibat di dalamnya, entah oknum aparat atau bukan, aksi anarkis hingga mengambil nyawa orang merupakan aksi kriminal yang sudah tak bisa ditolerir.

Secara tak langsung, masalah ini mempunyai efek buruk terhadap pendidikan generasi penerus bangsa ini. Jangan sampai anak-anak mencontoh kelakuan anggota geng tersebut yang sungguh biadab.


Ternyata, Geng Sepeda Motor sudah ada di Jakarta sejak tahun 1915. Kala itu namanya Motorfietsrijders te Batavia.

Menurut catatan Koninlijk Instituut voor Taal, Land en Volkenkunde (KITLV), sepeda motor masuk ke Indonesia pertama kali dibawa oleh seorang berkebangsaan Inggris, John C. Potter pada tahun 1893.

Sehari-hari J.C. Potter bekerja sebagai Masinis Pertama di pabrik gula Oemboel (baca: Umbul) Probolinggo, Jawa Timur.

J.C. Potter juga dikenal sebagai penjual mobil yang mendapat kepercayaan Sunan Solo untuk mengurusi pengiriman mobil pertamanya dari Eropa.

Dalam buku "Krèta Sètan (de duivelswagen)" dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor itu ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman.

Sepeda motor itu tiba pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama milik Sunan Solo (merk Benz tipe Carl Benz) tiba di Indonesia. Hal itu menjadikan J.C. Potter sebagai orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu, ada hal yang menarik apabila kita mengamati tahun kedatangan sepeda motor tersebut.

Untuk diketahui, sepeda motor pertama di dunia (Reitwagen) lahir di Jerman pada 1885 oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach tetapi belum dijual untuk umum. Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York.

Jadi, meski yang membawanya bukan orang pribumi Indonesia, tetapi sebuah hal yang luar biasa ketika sepeda motor komersial pertama di dunia ternyata langsung dikirim ke Indonesia pada tahun pertama pembuatannya. Terlebih lagi, baru dua tahun kemudian sepeda motor komersial pertama tersebut masuk Amerika Serikat. Jadi, sepeda motor yang pertama kali masuk Indonesia merupakan sepeda motor pertama di dunia juga.

Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai dan roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).

Meski berusia ratusan tahun, ternyata motor komersial pertama di dunia ini sudah mengusung teknologi yang sampai saat ini masih dipakai diantaranya adalah twin-silinder horizontal, 4 valve, berpendingin air, dan berkapasitas mesin besar yaitu 1.500 cc dengan bahan bakar bensin atau nafta.
Quote:
Namun, meski bermesin besar tetapi tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2,5HP saja pada 240rpm. Selain itu, sepeda motor ini belum menggunakan persneling, belum menggunakan magnet, belum menggunakan aki (accu), belum menggunakan koil, dan belum menggunakan kabel listrik. Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk menghidupkan dan mestabilkan mesinnya.

Pada tahun 1932, sepeda motor ini ditemukan dalam keadaan rusak di garasi di kediaman John C Potter. Sepeda motor itu teronggok selama 40 tahun di pojokan garasi dalam keadaan tidak terawat dan berkarat. Atas bantuan montir-montir marinir di Surabaya, sepeda motor milik John C Potter itu direstorasi (diperbaiki seperti semula) dan disimpan di kantor redaksi mingguan De Motor.

Sepeda motor antik itu diboyong ke Museum Lalu Lintas (Museum Polisi) di Surabaya yang kemudian pada tahun 1934 disumbangkan ke Museum Negeri Mpu Tantular di Sidoarjo dengan nomer inventaris 10.81 kategori IPTEK namun memberikan deskripsi yang berbeda, yaitu sebagai sepeda motor uap merk Daimler.

Pada 1899, di negeri ini juga sudah hadir sepeda motor listrik beroda tiga yang menggunakan tenaga baterai, yang bernama De Dion Bouton Tricycle buatan Perancis. Sepeda motor listrik beroda tiga itu juga digunakan untuk menarik wagon penumpang.

Sepeda motor De Dion Bouton cukup terkenal di masanya.Sepeda motor lain terlihat pada tahun 1902 yang juga digunakan untuk menarik wagon yaitu sepeda motor Minerva buatan Belgia. Mesin Minerva saat itu juga dipesan dan digunakan pada merk motor lain sebelum bisa membuat mesin sendiri, diantaranya adalah Ariel Motorcycles di Inggris.

Berbagai merek sepeda motor dijual di negeri ini, mulai dari Reading Standard, Excelsior, Harley Davidson, Indian, King Dick, Brough Superior, Henderson, sampai Norton.

Merek-merek sepeda motor yang hadir di negeri ini dapat dilihat dari iklan-iklan sepeda motor yang dimuat di surat kabar pada kurun waktu dari tahun 1916 – 1926.

R.S Stockvis & Zonnen Ltd merupakan salah satu perusahaan yang tercatat menyediakan suku-suku cadang motor dan mobil (juga mengurus pesanan mobil-mobil Eropa maupun Amerika).

Pada 1906, Administratur Bantool (Bantul) di Yogyakarta juga terlihat mempunyai sepeda motor dan beberapa buah mobil. Pada masa itu, memang hanya orang Belanda dan Inggris serta disusul pribumi ningrat yang mempunyai kemampuan membeli sepeda motor pada masa-masa awal.

Seiring dengan pertambahan jumlah mobil, jumlah sepeda motor pun terus bertambah. Lahirlah klub-klub touring sepeda motor, yang anggotanya adalah pengusaha perkebunan dan petinggi pabrik gula. Sumbernya


Semoga artikel di atas tentang Kumpulan FOTO: Geng Motor Indonesia Zaman Belanda akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

[Unik] Kata Terpanjang di Dunia, Butuh 3,5 Jam Mengucapkannya

Posted: 27 Dec 2012 11:06 PM PST

Sebuah kata biasanya tersusun dari beberapa huruf yang jumlahnya tidak lebih dari 10 kata. Tapi, percayakah Anda jika ada sebuah kata yang tersusun dari 189.891 huruf?


Ternyata, seperti dilansir Odditycentral, Jumat (23/11/2012), kata tersebut memang ada. Kata ini adalah nama untuk sebuah senyawa kimia yang merupakan protein pada tubuh manusia.

Senyawa ini dikodekan oleh gen TTN dengan nama pendek Titin. Nama lengkap Titin inilah yang memiliki huruf sepanjang 189 ribu. Di Wikipedia, senyawa ini tertulis dalam bentuk singkat "Methionylthreonylthreonylglutaminylarginyl...isoleucine". Tak heran, jika butuh waktu 3,5 jam untuk mengucapkannya.

Saking panjangnya, tidak ada satu pun kamus yang memuat kata ini. Kamus Inggris hanya memuat singkatan dan formula dari senyawa tersebut.

Kenapa bisa panjang?

Kata Titin ini terdiri dari 244 unsur terpisah dengan bilangan exon terbesar, yaitu 363. Nama Titin sendiri diambil dari dewa Yunani bernama Titan yang dipercaya memiliki kekuatan sangat besar.

Bagi yang masih belum percaya, Anda bisa melihat video berikut. Video berdurasi 3 jam 33 menit ini memperlihatkan seorang pria Rusia mengucapkan bentuk asli dari Senyawa Titin. 

Awalnya, pria ini mengucapkan kata tersebut dengan jelas. Namun, lama-lama, ia mengucapkannya seperti sedang kumur-kumur hingga bosan dan mengantuk. Berikut videonya ( durasi 3,5 jam lebih ) 


Sumber : http://sdftyujklvbn.blogspot.com/2012/12/ini-dia-kata-terpanjang-di-dunia-butuh.html#ixzz2GKNr011g 

Semoga artikel di atas tentang [Unik] Kata Terpanjang di Dunia, Butuh 3,5 Jam Mengucapkannya akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Mau Tahu Ramalan Bintang Zodiak Hari Ini 28 Desember 2012

Posted: 27 Dec 2012 09:51 PM PST


Ramalan Bintang Zodiak Hari Ini 28 Desember 2012 - Informasi Terbaru tentang Ramalan Bintang Zodiak 28 Desember 2012 tentunya dengan Harapan semoga hendaknya Bermanfaat dan Berguna Bagi anda semua pengunjung Blog Ini. dan Untuk Selengkapnya Tentang Ramalan Bintang Zodiak 28 Desember 2012 Silahkan Lihat dibawah ini.

Ramalan Bintang Zodiak 28 Desember 2012

oke Langsung saja silahkan disimak Ramalan Bintang Zodiak 28 Desember 2012, semoga hari ini menjadi hari terbaik buat anda.

1. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)
Umum: Semangat kamu sungguh luar biasa di awal minggu ini. Lakukan hal-hal yang kamu sukai dan lihatlah hasilnya sangat mengagumkan. Kehadiran kamu sedang dibutuhkan oleh seseorang. Untuk itu, jangan abaikan karena kamu tidak akan menyesal membantunya. Suatu saat nanti kamu akan sangat membutuhkan bantuan darinya.
Asmara: Memanjakan diri sendiri boleh-boleh saja kamu lakukan, tapi jangan lupakan kehadirannya. Hindari kebiasaan membiarkan dia tahu apa yang sedang kamu rasakan. Katakan saja apa yang diinginkan karena si dia tidak sepenuhnya bisa membaca pikiran kamu.
Keuangan: Ada pengeluaran mendadak di minggu ini.
2. Pisces (19 Februari – 20 Maret)
Umum: Di minggu ini kamu akan menemukan hasrat dan impian baru. Pastikan tidak bentrok dengan hal lain yang sedang kamu kerjakan. Kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan dan membuat bangga diri sendiri. Selain itu, jaga juga kesehatan dan perilaku agar tidak kehilangan kepercayaan dari orang lain.
Asmara: Sadarilah bahwa apa yang kamu ucapkan tidak selamanya menyenangkan hatinya. Untuk itu, saat kamu sedang berbicara padanya jangan asal membuka mulut saja. Kamu juga harus menjaga perasaannya.
Keuangan: Masih relatif stabil, hanya saja dalam bertindak sebaiknya kamu tetap berhati-hati dan penuh pertimbangan.
3. Aries (21 Maret – 19 April)
Umum: Minggu ini akan ada kesempatan baik yang datang pada kamu. Semua hal tentang masa depan sedikit demi sedikit akan membukakan jalan untukmu. Alangkah baiknya kamu harus melihat kesempatan tersebut. Selain itu, akan ada kejutan seru dalam urusan keuangan dan asmara. Kamu yang masih single akan bertemu dengan orang baru yang menawan.
Asmara: Kamu perlu ingat-ingat kembali apakah beberapa waktu belakangan kamu jadi lebih cuek atau kurang oke saar berkomunikasi dengan si dia. Si dia merindukan sosok kamu yang hangat dan penuh perhatian. Untuk itu, kamu perlu menunjukkan kepadanya.
Keuangan: tak ada yang perlu kamu cemaskan karena pemasukan masih cukup lancar.
4. Taurus (21 April – 20 Mei)
Umum: Di minggu ini beberapa orang akan menganggap kamu sangat keras kepala karena Taurus punya kemampuan untuk teguh pada pendiriannya. Tapi tenang saja, mereka akan melihat bahwa apa yang kamu percayai selama ini benar. Selain itu, kamu juga akan disibukkan oleh berbagai hal di minggu ini. Namun, kamu tetap menikmatinya karena orang-orang yang disayangi memberikan dukungan.
Asmara: Kamu jangan terlalu mengajukan komplain pada pasangan. Jika hal tersebut kamu lakukan, maka lama-kelamaan dia akan merasa kesal. Perlu kamu ingat juga bahwa menjalin suatu hubungan percintaan itu sangat membutuhkan kompromi. Dengan begitu tidak akan ada yang merasa tersakiti.
Keuangan: Selama kamu tidak menuruti emosi, tidak akan terjadi hal-hal yang merugikan.
5. Gemini (21 Mei – 21 Juni)
Umum: Semua hal akan berjalan baik di minggu ini sehingga tidak terasa kamu sudah sampai di akhir minggu yang menyenangkan. Banyak perhatian tertuju pada kamu, balaslah perhatian mereka meskipun kamu sangat capek membalas semua perhatian itu. Di akhir minggu ini, teman dekat atau keluarga juga membutuhkan masukan cerdas dari kamu.
Asmara: Kurangnya perhatian dari si dia membuat kamu menebak-nebak apakah pasangan masih cinta atau tidak. Sebenarnya dia baik-baik saja, mungkin kamu yang sedang sensitif di minggu ini. Kalian hanya membutuhkan jalan berdua dan menikmati kota di malam hari atau sekedar ngobrol di kafe yang nyaman.
Keuangan: Di minggu ini akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu raih.
6. Cancer (22 Juni – 22 Juli)
Umum: Di minggu ini kamu akan menikmati waktu menyenangkan dengan keluarga dan sahabat dekat. Mereka akan lebih mengerti apa yang kamu pikirkan dan memberi dukungan. Kamu juga tidak akan merasa kesepian di minggu ini. Untuk itu, lakukanlah hal terbaik yang bisa kamu berikan.
Asmara: Kamu akan mengalami perbincaraan mendalam yang berhubungan dengan masa depan hubungan. Kamu lebih banyak bermain dengan otak dan logika ketimbang hati dan perasaan. Memang sih, cinta tak sekedar omong kosong yang meluapkan logika, tapi hati kamu harus digunakan untuk merasakannya.
Keuangan: Kondisi keuangan kamu di minggu ini masi stabil.
7. Leo (23 Juli – 22 Agustus)
Umum: Rencana sudah matang, tapi apa daya tidak bekerja sesuai yang kamu harapkan. Jangan putus asa dan murung, kamu perlu mencoba sesuatu yang lain. Kamu memiliki semangat itu dan jangan biarkan sebuah kegagalan menyusutkan semangat yang sedang berkobar. Selain itu, di akhir minggu ini seseorang akan datang membawa pengaruh besar pada kamu.
Asmara: Semangat bekerja boleh-boleh saja kamu lakukan, tapi jangan lupakan masalah cinta dan asmara. Nantinya kamu juga akan membutuhkan kehangatan seseorang yang memberikan pelukan saat pikiran sedang penat. Jika kamu malas memikirkan soal asmara, maka akan terjadi sedikit pertikaian dengannya.
Keuangan: Minggu ini kamu akan banyak belanja. Namun, harus dipikirkan matang-matang dahulu sebelum membelanjakan uang itu.
8. Virgo (23 Agustus – 22 September)
Umum: Sebuah masalah akan datang tapi tidak akan terselesaikan minggu ini. Kamu perlu menghadapinya dengan kepala dingin dan bersabarlah karena waktu akan memberi jawaban atas masalah yang sedang dihadapi. Logika kamu sedang bekerja baik di minggu ini sehingga tugas bisa diselesaikan dengan baik tanpa bantuan orang lain.
Asmara: Kamu akan mempelajari banyak hal tentang cinta di minggu ini. Bahkan, kamu akan melakukan trik untuk melihat bagiamana perasaan si dia. Selain itu, kamu juga perlu mebghadapi masalah dengan kepala dingin jika terjadi pertengkaran dengan si dia.
Keuangan: Ada saja uang yang akan kamu keluarkan di minggu ini.
9. Libra (23 September – 22 Oktober)
Umum: Banyak jebakan-jebakan yang kadang bisa berupa pujian, untuk itu janganlah cepat bangga bila kamu dipuji oleh orang sekitar. Begitu juga dengan kritikan yang datang, sebaiknya kamu bisa terima dengan hati lapang dan jadikan itu untuk mengoreksi langkah-langkah yang telah ditempuh selama ini.
Asmara: Bintang asmara kamu sedang bersinar di minggu ini. Libra yang sudah berpasangan sepertinya akan tergoda untuk melirik orang lain yang lebih baik. Namun, tahan godaan trersebut karena berisiko terlalu besar bagi hubungan kamu.
Keuangan: Kamu akan menerima pemasukan baru di minggu ini.
10. Scorpio (23 Oktober – 21 November)
Umum: Teguhkan hati dan pikiran kamu karena sebuah konflik besar akan segera dihadapi. Sebisa mungkin tekan emosi kamu agar pertengkaran hebat tidak terjadi. Akan ada perdebatan sengit, lawan kamu sepertinya tidak pantang menyerah untuk mempertahankan pendapatnya. Kamu perlu berhati-hati dan ketahui konsekuensinya. Untuk itu, ambillah jalan terbaik agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.
Asmara: Jangan sepelekan penampilan kamu. Walaupun kamu dan dia sudah lama bersama, menjaga penampilan itu penting. Tujuannya adalah agar si dia selalu ingin berada di samping kamu. Selain itu, si dia juga sedang membutuhkan dukungan kamu, siapkan telinga dan beri bantuan untuknya.
Keuangan: Berhati-hatilah dalam membelanjakan uang, jangan sampai kamu terkesan boros.
11. Sagitarius (22 November – 21 Desember)
Umum: Minggu ini ada peruntungan baru yang menghampiri kamu. Apapun yang dikatakan orang lain terhadap kamu, jadikanlah penyemangat hidup. Jika ada yang hanya memberikan kritikan negatif atau mencibir, maka diamkan saja karena mereka akan bosan dengan sendirinya.
Asmara: Kamu bisa ajak si dia untuk berkencan atau melakukan kegiatan berdua ke tempat-tempat yang menyenangkan. Kamu akan mendapatkan energi dan ikatan yang lebih kuat dengannya. Selain itu, si dia juga akan merasakan betapa perhatiannya kamu.
Keuangan: Jangan hanya uang di saku tampak tebal sehingga kamu ingin membeli macam-macam. Ingatlah akan kebutuhan yang lebih penting yang harus kamu penuhi segera.
12. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)
Umum: Mengalah bukan berarti kamu kalah. Biarkan orang lain mengambil kendali di awal minggu ini. Mundurlah sebentar karena kamu kadang harus memberi kesempatan pada orang lain. Dengan begitu kamu akan melihat banyak hal dengan sudut pandang yang lebih luas. Selain itu, energi positif kamu juga akan membawa suasana yang menyenangkan.
Asmara: Untuk urusan cinta, kamu harus mempersiapkan hati dan kesabaran saat menghadapi si dia. Selain itu, kamu juga jangan abaikan perhatian darinya karena bisa membuatnya marah dan jengkel. Jika minggu kemarin tidak berkencan dengannya, maka gantilah dengan minggu ini agar bisa membuatnya merasa senang.
Keuangan: Keuangan kamu akan aman-aman saja di minggu ini.
Itulah 12 ramalan zodiak kamu di minggu ini. Ketahuilah bahwa sukses tak akan datang bagi mereka yang hanya menunggu dan tidak berbuat apa-apa. Tapi, sukses akan datang bagi mereka yang selalu berusaha mewujudkan impiannya
Demikianlah Informasi Mengenai Ramalan Bintang Zodiak 28 Desember 2012 dari Kabar Mingguan. Semoga bermanfaat dan Beguna Hendaknya Buat anda semua pengunjung Blog Ini. dan Terimakasih atas Kunjungannya. Sumbernya


Semoga artikel di atas tentang Mau Tahu Ramalan Bintang Zodiak Hari Ini 28 Desember 2012 akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment