Berita Unik Sensasional

Share on :

Berita Unik Sensasional


Unik ! Ternyata Asal Usul PANCASILA adalah dari 5 Batang Pohon Sukun

Posted: 15 Jan 2013 02:53 PM PST


Rekan serunique.com, tahukan anda bahwa asal usul terbentuknya Pancasila, pedoman kita sebagai bangsa Indonesia adalah berasal dari pohon sukun. Unik dan aneh ya. Gimana ceritanya ? Ini ceritanya gan. Silahkan anda simak informasi berikut tentang Unik ! Ternyata Asal Usul PANCASILA adalah dari 5 Batang Pohon Sukun.

Sobat anda semua tentunya sudah mengenal dan hafal bunyi Pancasila kan?? Tapi anda semua udah ada yang tahu belum soal sejarah dan asal mau asalnya dibuatnya PANCASILA, ada sedikit informasi nih tentang Pancasila,, Ternyata Pancasila memiliki hubungan erat dengan sebuah Pohon Sukun gan. bener atau gak ?? Sya cuma bantu share informasi aja gan... buat menambah pengetahuan.. 

Terus, apa sih hubungannya antara Pohon Sukun dan Pancasila?

Mungkin itulah yang menjadi pertanyaan manakala membaca judul di atas, mungkin sebagian masyarakat sudah tahu atau bahkan ada yang belum tahu hubungan antara Pohon Sukun dengan Pancasila.



Pohon Sukun tempat Terilhaminya 5 sila dalam Pancasila

Ternyata 5 butir Sila dalam Pancasila terilhami dari pohon Sukun ini. Disaat Pahlawan Nasional dan juga tokoh Proklamotor Republik Indonesia Ir. Soekarno atau yang biasa dipanggil dengan Bung Karno diasingkan di Ende pada tahun 1934 -1938, beliau sering merenung di bawah pohon sukun ini, memikirkan bagaimana menyatukan nusantara dalam satu dasar negara.



Jumlah 5 Batang Pohon Sukun ini yang Menjadi 5 Sila dalam Pancasila

Jumlah batang pohon sukun ini yang berjumlah 5 batang telah mengilhami Bung Karno mencetuskan 5 Sila dalam Pancasila.

"Di Pulau Flores yang sepi, di mana aku tidak memiliki kawan, aku telah menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di bawah sebatang pohon di halaman rumahku, merenungkan ilham yang diturunkan oleh Tuhan, yang kemudian dikenal sebagai Pancasila," cetus Bung Karno.

Lima mutiara itu adalah berharga itu adalah: Kebangsaan, Internasionalisme atau Perikemanusiaan, Demokrasi, Keadilan Sosial dan Ketuhanan Yang Maha Esa. Rumusan inilah yang kemudian menjadi Pancasila sekarang.

"Jika kuperas yang lima ini menjadi satu, maka dapatlah aku satu perkataan Indonesia tulen, yaitu perkataan gotong-royong," kata Bung Karno.

Bung Karno mengatakan, apa yang dia kerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi dan tradisi-tradisi nusantara sendiri. "Dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah," ujarnya.



Lapangan Sepakbola Tempat Bung Karno Berolahraga Bermain Bola Bersama Masyarakat Ende

Bung Karno juga membaur dengan masyarakat Ende, dengan bermain sepak bola dan setelah bermain bola bung karno beristirahat di bawah pohon sukun itu, seraya merenungkan bagaimana menyatukan nusantara dalam satu dasar negara yaitu Pancasila.



Patung Bung Karno masih berdiri Tegak dan Terus memberikan Semangat Nasionalisme kepada Bangsa Indonesia

Dari Kota Ende inilah Pancasila terlahir dan kata "Esa" yang artinya Satu merupakan bahasa masyarakat Ende yang kini melekat dalam sila 1 Pancasila "Ketuhanan Yang Maha Esa". sumber


Semoga artikel di atas tentang Unik ! Ternyata Asal Usul PANCASILA adalah dari 5 Batang Pohon Sukun akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Awas ! Di Negara ini Makan Es Krim Bisa Dianggap Pelecehan Seks !

Posted: 15 Jan 2013 03:00 AM PST


Makan Es krim wah itu kesenangan saya tuh. Bila ke Kota sedang ada acara rapat sekolah dll maka es krim tidak ketinggalan masuk ke perut saya. He he he. Tapi anda harus hati-hati jika anda sedang bepergian ke negara Fnlandia. Karena di negara tersebut makan es krim bisa bermasalah. Kenapa ? Karena makan es krim dianggap melakukan pelecehan Seksual. Wooow

Liputan6.com, Helsinki: Apakah Anda penggemar es krim Awas, berhati-hatilah jika Anda kebetulan mampir ke negeri Finlandia. Karena jika Anda tak hati-hati bisa terjerat sangkaan pelecehan seksual. Waduh... apa hubungannya es krim dengan pelecehan seksual

Media Dailymail memberitakan, Sabtu (8/10) bahwa sekelompok pengacara menyerukan hukum pelecehan seksual baru untuk menyertakan perempuan yang makan atau menikmati es krim atau es loli terlalu provokatif di depan umum. Menurut tulisan tersebut, seorang wanita yang disebut secara sugestif menjilati sebuah es krim bisa menghadapi kasus pelecehan seks.

Pengacara di Finlandia bahkan telah merilis sebuah video yang menunjukkan seorang pekerja kantor wanita muda mengisap sebuah es Lolly es yang disebut dengan cara yang sangat sugestif. Dalam video tersebut rekan-rekan pria berpaling canggung saat dia tengah menjilati es krim.

Asosiasi Pengacara Finlandia, yang mewakili ribuan ahli hukum di negara itu, mengatakan pada situs webnya, "Kami telah merilis video ini untuk meningkatkan masalah yang sangat sulit. Pelecehan seksual di tempat kerja dapat menargetkan siapa pun, pria atau wanita.

Tetapi, beberapa orang menilai rekaman video tersebut sulit untuk menunjukkan di mana garis batas perempuan atau laki-laki dapat bersalah karena pelecehan seksual. Seorang ahli hukum Uni Eropa mengatakan kepada surat kabar Prancis, Perancis-Soir, "Di sebagian besar di Negara Eropa, hukum mengatakan bahwa setiap gerakan yang ditujukan untuk mengintimidasi secara seksual kepada orang lain adalah tindak pidana


Semoga artikel di atas tentang Awsa ! Makan Es Krim Bisa Dianggap Pelecehan Seks di Negara Ini ! akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Unik ! Mayoritas Penduduk Pulau Ini adalah Kucing

Posted: 15 Jan 2013 01:06 AM PST


Kalau sebuah pulau berisi manusia itu sich biasa. Tapi kalau sebuah pulau di dalamnya mayoritas kucing maka ini yang luar biasa dan sangat unik. Di sebuah desa di Jepang ada sebuah pulau yang sebagian besar pendudukanya adalah kucing. Jadi di sana manusia yang ada lebih sedikit dari kucing. Cek gan bagaimana informasinya.

Desa Tashiro dikenal di Jepang sebagai Pulau Kucing. Namun kini warganya yang kebanyakan sudah lanjut usia mengharapkan hal lain yakni kedatangan warga baru. Dihuni 100 warga, rata-rata di atas 70 tahun, komunitas Tashiro mengharap para kucing bisa menjadi magnet dalam kampanye menarik wisatawan dan pada akhirnya menambah jumlah penghuni desa.



Kalau dilihat desa ini seolah begitu damai. Tapi kalau misalnya ada kebakaran, tidak ada yang bisa menolong kami. Saya berharap banyak anak muda pindah ke sini. Di Tashiro banyak warga yang mau mengajari mereka cara menangkap ikan, ungkap Yutaka Hama, 49, sebagai pimpinan badan promosi wisata Tashiro.



Hama pindah ke Tashiro beberapa tahun lalu dan kini juga mencari nafkah sebagai pengelola penginapan dan nelayan. Istrinya, Aiko, sejauh ini merupakan perempuan termuda di desanya pada usia 37 tahun. Selain Aiko, kebanyakan perempuan Tashiro sudah berusia di atas 60 tahun.

Tashiro tidak dihuni seekor anjing pun. Selain itu, pemandangan yang biasa terlihat di kota-kota modern di Jepang juga absen. Sebut saja misalnya toko serba ada, lampu lalu lintas sampai anak-anak. Populasi manusia di situ telah menurun sepuluh kali lipat sejak 1960, karena banyak warga pindah ke kota lain.



Namun beberapa tahun lalu, Tashiro mulai terkenal sebagai Pulau Kucing. Waktu itu sebuah stasiun televisi membuat acara tentang Jack the Lop Ear, seekor kucing jantan belang hitam-putih. Sekarang Jack adalah atraksi utama di kotanya. Gerak-geriknya yang lamban dibanding kucing lain malah membuat popularitasnya meroket. Saya begitu senang bisa melihat Jack. Setelah pensiun, saya mau tinggal di sini saja, tutur Shiho Amano, 18, yang menyukai kucing. Amano khusus datang dari Nagoya ke Tashiro untuk menyaksikan pameran foto yang digelar badan promosi wisata. Telepon genggamnya sudah penuh oleh foto-foto kucing terkenal itu.

Para nelayan Tashiro sering memberi ikan kepada para kucing. Kehadiran kucing jadi gampang terdeteksi di pulau seluas 3,14 kilometer persegi dan terletak 20 kilometer dari pelabuhan Ishinomaki di utara Jepang itu.



Kapal feri penghubung ke pulau ini biasanya hanya mengangkut 10-20 penumpang per hari setelah musim panas. Namun sejak September lalu, jumlah itu meningkat dua kali lipat di hari biasa dan lebih dari tiga kali lipat pada akhir pekan.

Kami lihat makin banyak yang datang membawa kamera dan makanan, bukannya alat pancing, ujar seorang pegawai kapal feri Ajishima. Ditambahkannya, para turis tetap datang meski sudah dekat musim dingin. Sumber 



Semoga artikel di atas tentang Unik ! Mayoritas Penduduk Pulau Ini adalah Kucing akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Daftar Parpol Diumumkan, Taufik Ismail Kritik Lewat Alunan Puisi

Posted: 14 Jan 2013 11:40 PM PST


Setelah Daftar Parpol Diumumkan, Taufik Ismail membuat Kritik Lewat Alunan Puisi. Simak infonya berioikut ini :



BANGKAPOS.COM, JAKARTA — Penyair Taufik Ismail didaulat membacakan puisinya usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai membagikan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2014 di Jakarta, Senin (14/1/2013).

Momentum yang dihadiri para petinggi parpol itu pun langsung dimanfaatkannya untuk mengkritik sepak terjang parpol masa kini lewat puisi "Ketika Indonesia Dihormati Dunia". Menurutnya, parpol semakin jauh dari pesta demokrasi karena terjebak dalam politik transaksional.

"Dengan rasa rindu kukenang pemilihan umum setengah abad yang lewat. 
Dengan rasa kangen, pemilihan umum pertama itu kucatat. 
Peristiwa itu berlangsung tepatnya di tahun lima puluh lima. 
Ketika itu, sebagai bangsa, kita baru sepuluh tahun merdeka," 

kata penyair angkatan 66 itu di Gedung KPU.

Taufik menekankan, larik puisi tersebut untuk mengingatkan para pemimpin parpol. Pemilu tahun 1955 menurutnya adalah babak sejarah yang paling indah. Sebab, dalam pemilu tersebut, tidak ada praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme yang menyertai setiap pesta rakyat.

Menurutnya, Pemilu 1955 adalah cerminan demokrasi yang sesungguhnya. Pada pemilu 1955, PNI memenangi pesta rakyat tersebut, kemudian disusul Masyumi, NU, PKI, dan PSII.

"Pada waktu itu tidak suap-menyuap, tak terdengar sogok-sogokan. Pada waktu itu dalam penghitungan suara, tak ada kecurangan. Itulah masa ketika Indonesia dihormati dunia," ujar Taufik dalam deklamasi puisinya.

Taufik mengatakan, pemilu setelah tahun 1955 tidak ada yang berjalan demokratis. Menurutnya, Pemilu 2014 harus seperti Pemilu 1955. Sebab, hal itu menurutnya agar Indonesia kembali dihormati dunia. Pemilu yang berjalan dengan tidak demokratis membuat Indonesia dipandang sebelah mata oleh negara lain.

"Jujur dan adil dalam pesta demokrasi tidak hanya diucapkan, tapi juga harus dilaksanakan," tandasnya.

Lebih jauh, ia menekankan nomor urut parpol agar tidak dijadikan barang keramat. Sebab, menurutnya, kemenangan bukan ditentukan oleh mengeramatkan nomor urut, tapi berasal dari Tuhan.

Sebanyak sepuluh partai politik telah mendapatkan nomor urutnya untuk berlaga di Pemilu 2014. Partai Nasdem sebagai debutan baru memperoleh nomor urut satu dan ditutup oleh Hanura.


Semoga artikel di atas tentang Daftar Parpol Diumumkan, Taufik Ismail Kritik Lewat Alunan Puisi akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Pasar Unik, Pasar Cinta – Sebuah Tradisi Khusus Untuk Bertemu Mantan Kekasih

Posted: 14 Jan 2013 10:45 PM PST


Kalau Indonesia sudah menjadi sangat unik dengan Pasar Terapung yang berada di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Tapi tak kalah unik dengan daerah lereng bukit desa Khau Vai, 500 km bagian utara Hanoi, perbatasan dengan Cina. Di sana ada Pasar Cinta. Wooow. He he he, apa di daerah tersebut orang orang bisa melakukan transaksi Jual Beli Cinta ya ? Sebaiknya langsung simak informasinya tentang Pasar Unik, Pasar CintaTradisi Khusus Untuk Bertemu Mantan Kekasih

Mayoritas orang pasti akan merasa hancur hatinya jika melihat mantan kekasih yang begitu dicintai telah dimiliki oleh orang lain dan kita tak bisa berbuat apa-apa lagi untuk membuatnya kembali. Tapi ada hal yang menarik di sebuah komunitas kecil di Vietnam, dimana terselenggaranya tradisi tahunan yang unik untuk mempertemukan para mantan kekasih. Perayaan ini dikenal dengan 'Pasar Cinta'.




Asal Mula Pasar Cinta

Pasar cinta diadakan di sebuah lereng bukit desa Khau Vai, 500 km bagian utara Hanoi, perbatasan dengan Cina. Perayaan tahunan yang berlangsung selama 2 hari setiap tanggal 26 dan 27 bulan ketiga dari kalender lunar ini akan mempertemukan ratusan mantan kekasih dari berbagai suku bukit, seperti Nung, Tay, San Chi, Lo Lo, Dzao, Giay dan Hmong.

Pada Saat festival sedang berlangsung, para seniman lokal akan menghiasi para pecinta dengan pakaian warna-warni untuk menghidupkan kembali kisah cinta mereka yang terlarang.

Yang unik, pasar cinta ini bukanlah ajang kencan singkat, tapi para penduduk desa melihatnya sebagai ajang kebersamaan, menghargai saat-saat bahagia dari masa lalu mereka.



Oleh Karena memang sudah bagian dari tradisi, banyak para pecinta yang mengikuti ajang ini untuk bertemu cinta lama tanpa harus saling berselisih dengan istri atau suami mereka. Sebab ini adalah skenario yang khas bagi kebanyakan orang-orang suku bukit di Vietnam.


Terdengar aneh memang dan kita pasti berpikir bila festival yang mempertemukan mantan kekasih ini digelar di tempat lain di dunia, mungkin akan menimbulkan keributan masal. Tetapi orang-orang dari Khau Vai memiliki alasan yang kuat untuk merayakannya. Bahkan tradisi pasar cinta telah berlangsung selama berabad-abad.

Seperti yang diceritakan menurut legenda lokal, perayaan ini bermula saat seorang gadis dari etnis Giay telah jatuh cinta dengan pria asal etnis Cao Bang. Hubungan mereka begitu indah, hingga akhirnya sang gadis dilarang menikah dengan seorang pria dari komunitas lain. Namun, yang terjadi selanjutnya ialah perang berdarah antar dua suku. Sebagai pecinta yang menyaksikan tragedi tersebut, mereka pun memutuskan untuk berpisah demi kepentingan perdamaian.

Akan Tetapi cinta mereka tidak terhenti di sana. Sebuah perjanjian rahasia dibuat antara keduanya untuk saling bertemu sekali dalam setahun di Khau Vai – pada tanggal 27 bulan ketiga kalender Lunar. Dan tradisi itu masih berlangsung dan dipertahankan hingga saat ini.

Bahkan pasar cinta Khau Vai sekarang menjadi obyek wisata yang selalu dipadati oleh pengunjung domestik maupun asing. Masakan lokal serta gadis dataran tinggi dengan kostum tradisional mereka merupakan adalah daya tarik tambahan dari perayaan ini. Sumber


Semoga artikel di atas tentang Pasar Unik, Pasar Cinta – Tradisi Khusus Untuk Bertemu Mantan Kekasih akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi

Fakta Unik ! Kode Unik Penjual Jamu Gendong

Posted: 14 Jan 2013 10:17 PM PST


Ada ada saja. Apanya yang ada ada saja gan ? Ini nich, ternyata ada Kode Unik Penjual Jamu Gendong. Simak gan beritanya.



Sering kali kita melihat penjual jamu gendong yang sedang menjajakan dagangannya. Penjual jamu gendong pada umumnya adalah perempuan, meskipun ada juga yang laki-laki. Pernah juga kita melihat penjual jamu adalah seorang gadis muda berparas cantik.

Lalu, bagaimana jika seorang laki-laki ingin mengetahui apakah si penjual masih single atau sudah berpasangan? Pada jaman dahulu, ini ada kodenya dilihat dari jumlah botol yang dibawa.
Menurut cerita seorang penjual jamu, status dari seorang penjual jamu dapat dilihat dari umlah botolnya yang dibawa dalam gendongan. Ini dia kodenya:

Gadis : Jumlah botol ganjil / 5 atau 7
Janda : Jumlah botolnya 9
Bersuami : Jumlah botolnya 8


Tetapi jaman sekarang, jumlah botol tersebut sering diabaikan oleh penjual jamu sehingga tidak bisa selalu dijadikan patokan, meski ada beberapa yang masih mengikutinya.

Quote:
Ya ane sih percaya gak percaya gan soal kode ini... Tapi kalau gak percaya bisa ditanyakan langsung kok.... 


Semoga artikel di atas tentang Fakta Unik ! Kode Unik Penjual Jamu Gendong akan menjadi bahan pengetahuan, pengalaman dan hiburan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa ikuti artikel-artikel terbaru saya melalui Twitter @muktiplaza, Facebook di Facebook dan Google Plus di  +Mukti Effendi

Mukti Effendi
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment